Kencur, Rempah yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Kencur dikenal luas sebagai salah satu rempah yang cukup banyak digunakan sebagai bumbu makanan atau sebagai salah satu bahan campuran jamu yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa ada cukup banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan andai kita mengkonsumsi kencur. Apa sajakah manfaat tersebut?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kencur ternyata memiliki kandungan minyak atsiri yang cukup banyak digunakan sebagai pengobatan herbal. Kandungan ini diyakini mampu mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak nafas, pilek, sakit gigi, dan juga sakit kepala. Kini, kandungan kencur juga telah banyak diekstrak menjadi obat gosok yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rematik atau pegal-pegal pada persendian.

Aroma kencur yang sangat khas ternyata membuatnya kini digunakan sebagai campuran aromaterapi yang mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sekaligus meredakan stress. Banyak orang tua yang juga menggunakan kencur sebagai salah satu cara untuk menambah nafsu makan anak yang sedang sulit untuk makan. Tak hanya itu, jika kita mengkonsumsi jamu beras kencur, maka kita pun lebih baik dalam mencegah jerawat atau membuat tubuh menjadi lebih langsing.

Manfaat kesehatan lain yang bisa kita dapatkan dari kencur adalah kemampuannya dalam mengatasi radang lambung. Untuk mengobati masalah perut ini, kita hanya perlu mengunyah langsung kencur tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu. Sebagai informasi, memasak kencur ternyata bisa menghilangkan beberapa nutrisi yang bisa memberikan manfaat kesehatan. Untuk mengatasi radang lambung ini, kita hanya perlu mengupas kencur yang berukuran sebesar ibu jari hingga bersih dan kemudian tinggal kita kunyah dengan habis. Jika kita mengkonsumsinya sekali sehari atau saat terkena radang lambung, maka masalah kesehatan ini pun akan mereda.