Kenapa Susah Buang Air Besar Saat Hamil?

DokterSehat.Com – Hamil bagi sebagian wanita adalah saat yang dinanti, sekaligus mungkin juga menjadi momen yang menakutkan bagi sebagian wanita. Selain berisiko kematian, penderitaan lain yang sangat banyak dihadapi wanita hamil adalah rasa mual bahkan muntah, hingga susah buang air besar (konstipasi).



Gejala mual dan muntah

Mual atau muntah sudah dianggap lazim terjadi pada trimester pertama masa kehamilan. Rasa mual atau muntah ini biasanya berakibat pada berkurangnya nafsu makan. Padahal, makanan memberikan kecukupan nutrisi penting bagi janin.

Seringkali, perubahan hormonal dituduh sebagai penyebabnya. Padahal ada beberapa faktor lain yang menyebabkan rasa tak nyaman ini.

Ibu hamil di trimester awal harus diperhatikan asupan vitamin B6. Rasa mual atau muntah bisa terjadi karena kekurangan vitamin B6, ungkap Dokter ahli gizi klinis, dr. Samuel Oetoro MS, SpGK.

Menurutnya, vitamin B6 tak hanya membantu protein membentuk sel-sel baru namun juga membantu menekan rasa mual selama masa kehamilan. Cobalah untuk mengonsumsi buncis, sereal dan kalkun yang memiliki kandungan vitamin B6.

Susah BAB (konstipasi)

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi wanita hamil adalah susah buang air besar. Biasanya, gangguan ini terjadi di trimester akhir.

Itu bisa menjadi tanda kalau Anda kekurangan serat. Konsumsi buah dan sayuran yang banyak serat. Ingat, makan buah beserta kulitnya karena kaya serat dan makanlah sayuran beserta batangnya, jelas dr. Samuel.