Kenapa Rambut Bisa Tumbuh Pada Puting Payudara?

DokterSehat.Com – Bagi kaum pria, tumbuhnya rambut pada puting payudara kerap kali dianggap sebagai hal yang wajar dan cenderung dibiarkan begitu saja. Namun, hal yang berbeda terjadi pada kaum wanita. Jika hal ini terjadi, mereka tentu akan keheranan dan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Pakar kesehatan menyebutkan jika tumbuhnya rambut pada puting payudara ternyata adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Sebenarnya, apa alasan dibalik tumbuhnya rambut pada puting payudara?

doktersehat-breast-cancer-man-galaktore-payudara

Pakar kesehatan kulit dr. Lance Brown dari New York, Amerika Serikat menyebutkan jika area puting juga bisa memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak, baik itu pada pria dan wanita. Tahukah anda jika di dalam tubuh, ada 50 juta folikel rambut dimana yang ada di kepala ternyata hanya ada seperlimanya saja. Sisanya? Folikel rambut ini bisa muncul pada lubang telinga, pusar, dagu, atau bahkan di area sekitar puting payudara.

Pada kaum wanita, tumbuhnya rambut pada puting payudara biasanya terjadi saat adanya fluktuasi hormon pada tubuh layaknya pada saat fase kehamilan atau menopause. Selain itu, ada pula kejadian khusus layaknya andai kita mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau wanita sedang mengalami hirsutisme, kondisi dimana rambut bisa tumbuh secara berlebihan pada beberapa bagian tubuh wanita yang disebabkan oleh faktor genetik atau sindrom ovarium polikistik (PCOS). Hanya saja, wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik sangatlah jarang melaporkan adanya pertumbuhan rambut pada area puting payudaranya.

Dr. Brown menyebutkan jika adanya rambut pada puting payudara ini tidak perlu dikhawatirkan, meskipun memang bisa membuat rasa tidak nyaman pada wanita. Beruntung, kita bisa dengan mudah menggunakan pinset untuk mencabutnya sehingga putting payudara tidak lagi memiliki rambut yang cukup mengganggu.