Kenapa Orang Sehat Bisa Terserang Stroke

DokterSehat.Com – Stroke adalah serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak. Dengan kata lain penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) hal ini disebabkan karenakan adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan atau mematikan sel-sel saraf otak.



Jika selama ini yang kita tahu stroke hanyalah menyerang mereka yang berusia lanjut, hal itu salah. Karena stroke bisa saja menyerang mereka yang sedang berusia produktif. Hal yang menjadi penyebab utama stroke adalah karena obesitas atau kelebihan berat badan, malas berolah raga, merokok dan penyebab lainnya.

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang orang secara tiba-tiba meskipun orang tersebut terlihat sehat. Mungkin itulah yang selama ini menjadi pertanyaan kita, kenapa stroke bisa menyerang orang yang terlihat sehat. Ada beberapa alasan kenapa stroke bisa menyerang orang sehat.

Berikut alasan kenapa orang sehat bisa terserang stroke :

• Salah kaprah
Jika anda menganggap orang yang beresiko terserang stroke adalah orang berusia lanjut, tentu hal itu adalah pernyataan yang salah kaprah. Seperempat kasus stroke menimpa orang yang berusia produktif atau usia kerja,bahkan anak-anak. Jadi usia bukanlah faktor utama penyebab stroke. Untuk menghindari penyakit stroke tentunya kita diwajibkan untuk rajin olah raga, diet sehat, tidak merokok, tidak minum alkohol dan menerapkan pola hidup yang sehat.

• Kelainan saat tidur
Sekitar 80 persen stroke disebabkan otak kekurangan oksigen ketika aliran darah terhenti, atau darah tersumbat. Namun jika stroke menimpa orang yang berusia dibawah 65tahun, stroke ini dapat diakibatkan karena kelaian dalam pembuluh darah yang telah ada sejak lahir. Kelainan ini bagaikan bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu.

Baca Juga:  Pseudotumor Cerebri, Pembengkakan Kepala Yang MiripTumor

• Gaya hidup yang tidak sehat
Berbeda dengan zaman dulu, hampir tidak ada orang yang terserang penyakit stroke, namun sekarang banyak orang terkena stroke. Bahkan tak jarang pula mereka yang sedang berusia muda sudah terserang stroke. Yang menjadi penyebab hal ini tentunya adalah gaya hidup. Gaya hidup orang dulu berbeda jauh dengan gaya hidup orang sekarang yang serba instan. Orang sekarang dimanjakan berbagai peralatan canggih sehingga tak perlu susah payah seperti dulu, selain itu makanan yang di konsumsi orang sekarang juga banyak mengandung bahan kimia yang tentunya tak baik untuk kesehatan. Malas berolah raga serta kebiasaan merokok juga alkohol juga menjadi penyebabnya

• Mengalami pendarahan otak
Penyebab stroke adalah terumbatnya darah yang mengalir ke otak. Nahh kenapa orang sehat bisa terkena stroke? Hal itu dikarena stres yang berlebihan yang dapat menaikan tekana darah, detak jantung yang tidak teratur, sebagian jantung berdetak begitu cepat sehingga organ ini berhenti bekerja, darah terkumpul dalam jantung sehingga tak teralirkan ke otak dan menyebabkan stroke. Oleh sebab itu stres yang berlebih harus kita hindari karena hal itu dapat meningkatkan stroke.