Kenapa Memar Muncul Secara Tiba-tiba?

DokterSehat.Com – Pernah mengalami memar yang secara tiba-tiba muncul di beberapa bagian kulit? Permukaan kulit berubah warna menjadi kebiruan atau keunguan serta mengalami bengkak umumnya muncul jika terjadi benturan atau luka. Namun selain akibat tersebut, ada beberapa pemicu lain sehingga memar bisa tiba-tiba muncul.

shutterstock_102299608 copy

Berikut pemicu munculnya memar secara tiba-tiba:

• Olahraga
Hal pertama yang menjadi penyebab dari memar di tubuh adalah olahraga. Bagaimana bisa olahraga menjadi penyebab memar? Baiklah, begini penjelasannya. Saat melakukan olahraga, maka akan ada banyak otot yang mengalami ketegangan. Dan karena ketegangan inilah, tidak jarang membuat pembuluh darah di otot pecah. Jika sudah begitu, maka memar pun akan terjadi di kulit tubuh kamu.

• Diabetes
Untuk penyebab kedua kenapa sering muncul memar di tubuh adalah risiko diabetes. Beberapa penelitian dan ahli kesehatan mengungkapkan jika indikasi awal diabetes bisa dilihat dari sering munculnya memar di tubuh secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Jika kamu mengalami memar dan ada riwayat keluarga yang terkena diabetes, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter ya.

• Kekurangan vitamin C
Memar yang sering muncul tiba-tiba juga bisa disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Yap, vitamin C merupakan salah satu vitamin paling penting yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada tubuh ketika tubuh kehilangan vitamin C. Dan salah satu masalah tersebut adalah memar di tubuh.

• Penuaan
Untuk penyebab selanjutnya adalah penuaan. Bagaimana bisa penuaan menyebabkan tubuh memar? Saat menua, maka produksi kolagen dalam tubuh yang akan melindungi kulit menurun. Karena penurunan inilah, tubuh pun akan lebih mudah mengalami memar secara tiba-tiba.

Baca Juga:  Sehat Tidaknya Tubuh Bisa Dilihat dari Urine, Seperti Apa yang Normal?

• Gangguan darah
Penyebab kenapa tubuh memar yang kelima adalah adanya gangguan darah. Gangguan darah seperti hemofilia dikatakan bisa membuat tubuh mengalami memar secara tiba-tiba. Bahkan, kontak fisik yang sangat ringan pun bisa menyebabkan memar. Untuk beberapa kasus, memar yang sering terjadi di tubuh karena gangguan darah ini dipercaya sebagai indikasi adanya risiko kanker darah.

BACA JUGA : Ternyata secangkir cokelat hangat dapat mencegah penurunan Memori