Kenapa Gigi Bisa Ngilu?

DokterSehat.com – Ngilu pada gigi memang merupakan salah satu hal paling menyebalkan dan mengganggu. Kenapa sebenarnya gigi kita bisa merasakan ngilu khususnya setelah makan sesuatu yang dingin? Penyebab gigi linu bisa disebabkan oleh banyak faktor:



Lubang Gigi Yang Dalam
Segera kunjungi dokter gigi Anda. Saat tingkat rasa ngilu adalah rendah, hal itu biasanya (tapi tidak selalu) dapat diatasi dengan melakukan penambalan. Bila tingkat rasa ngilu terasa sedang saat terkena dingin, mungkin Anda mengalami infeksi pada gigi, dan perbaikan karang gigi diperlukan untuk menyelamatkan gigi.

Sedang Perawatan pada Gigi
Perawatan apapun untuk gigi pasti terasa tidak nyaman, terutama sensitifitas yang bertambah karena gigi Anda baru saja ditambal. Hal itu tak perlu dirisaukan jika sensitifitas berangsur-angsur membaik. Namun jika hal itu memburuk, ini adalah tanda peringatan bahwa Anda perlu untuk kembali ke dokter gigi Anda untuk melakukan pemeriksaan. Bisa jadi penyakit telah bersarang di gigi Anda, dan dengan adanya iritasi pada gigi karena perawatan, kondisi ini memburuk dan membutuhkan perawatan.

– Terbukanya Akar Pada Gigi
Bila gusi turun atau enamel gigi menipis hingga ke bagian sensitif gigi yang terbuka, hal itu dapat menyebabkan sakit pada gigi saat terkena dingin. Tambalan atau pelapisan ekstra pada gigi bisa menyebabkan sakit. Jika ini masalahnya, maka gigi juga sensitif terhadap udara. Pasta gigi khusus untuk pemilik gigi sensitif dapat membantu masalah ini.

Semoga membantu ^^

sumber: tanyapepsodent