Kenapa Bayi Yang Baru Lahir Cenderung Sering Tidur?

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah kelakar di media sosial dan internet dimana semakin bertambahnya umur seseorang, maka semakin sedikit pula waktu tidur yang dilakukan setiap harinya. Realitanya, kesibukan manusia dewasa memang membuat orang kesulitan mendapatkan waktu tidur yang ideal, apalagi untuk mendapatkan waktu tidur siang. Pakar kesehatan menyebutkan jika waktu dimana bayi baru saja dilahirkan adalah waktu dimana manusia mendapatkan waktu tidur paling banyak sepanjang hidupnya. Mengapa bayi yang baru lahir cenderung sangat sering tertidur?

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Tidur bagi bayi yang baru lahir ternyata tidak sekadar untuk mendapatkan waktu istirahat layaknya yang kita lakukan saat berusia dewasa. Dengan mendapatkan banyak waktu tidur, bayi pun akan mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan dengan maksimal. Saat bayi tertidur, baik itu pada siang hari maupun malam hari, di dalam tubuhnya terjadi sekresi hormon pertumbuhan yang memungkinkan bayi akan bertumbuh-kembang dengan sehat. Selain perkembangan fisik secara umum, waktu tidur ternyata bisa berpengaruh besar pada perkembangan otak dan juga sistem saraf pusat pada bayi. Pakar kesehatan menyebutkan jika bayi yang setidaknya tidur dua kali dalam sehari ternyata akan mengalami perkembangan otak yang jauh lebih cepat dan juga lebih sehat. Dengan banyak tertidur, bayi ternyata bisa menjadi lebih cerdas dalam menyerap berbagai informasi yang dibutuhkan. Saat tertidur, bayi juga cenderung mengalami perkembangan sistem saraf pusat dengan baik.

Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup banyak, bayi ternyata juga bisa mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk aktifitas hariannya. Meskipun aktifitas bayi yang baru lahir cenderung terbatas pada tersenyum, tertawa, atau bahkan menangis, bayi jelas membutuhkan energi mengingat Ia sedang mengalami perkembangan tubuh yang sangat cepat, bukan? Bayi yang mendapatkan waktu tidur yang cukup juga akan mendapatkan perkembangan sistem pertahanan tubuh yang bagus sehingga bayi pun akan tidak mudah mengalami sakit.

Baca Juga:  Telur Penyebab Kolesterol Tinggi?

Selain perkembangan pada fisiknya, bayi membutuhkan banyak waktu tidur untuk membuat suasana hatinya menjadi lebih baik. Dengan suasana hati yang lebih baik, maka bayi pun cenderung lebih sehat dan membuat orang tua menjadi lebih tenang karena pembawaan sang anak yang cenderung lebih baik. Jadi, ada baiknya kita tidak mengganggu bayi yang tertidur meskipun sudah cukup lama atau sering dilakukan karena ternyata tidur ini berpengaruh besar bagi kesehatan dan perkembangan tubuhnya.