Kenali Warna Air Seni dan Bahayanya

DokterSehat.Com – Saat kita buang air kecil, kita terkadang melihat warna air seni yang berbeda-beda. Kadang kala air seni berwara bening atau putih yang dianggap sebagai air seni yang sehat. Tubuh berada dalam kondisi yang baik dan kita banyak meminum air putih sehingga air seni mengeluarkan warna ini. Sayangnya, air seni terkadang juga berwarna kekuningan yang bisa jadi menjadi tanda adanya penyakit atau kondisi dimana tubuh mengalami dehidrasi. Apa sajakah masalah kesehatan tubuh jika dilihat dari warna air kencing yang kekuningan?

doktersehat-toilet-wasir-kencing-berdarah

Macam-macam Warna Air Seni
Warna air kencing kekuningan ternyata bisa berarti macam-macam. Level warna kuning juga bisa menjadi pertanda masalah yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Warna air kencing yang cenderung pucat, layaknya warna kuning madu ternyata masih dianggap sebagai warna air kencing yang normal dan menandakan tubuh dalam kondisi yang sehat. Tubuh pun tidak mengalami dehidrasi karena kita telah meminum air putih dengan cukup.

Yang menjadi masalah adalah jika warna air kencing kita berupa kuning yang gelap dan cenderung keruh. Disamping menandakan tubuh mengalami kekurangan cairan, warna air kencing yang kekuningan dan keruh ini juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Efek dari konsumsi obat-obatan bisa menjadi penyebab warna air kencing yang keruh ini. Selain obat-obatan, air kencing juga bisa menjadi kuning jika tubuh terkena penyakit kuning, dimana selain air kencing, warna mata dan juga kulit pun cenderung berubah menjadi kekuningan. Penyakit kuning sendiri berhubungan dengan organ hati yang bermasalah.

Warna Air Seni Pertanda Bahaya
Jika warna air kencing adalah kuning menjurus ke cokelat, maka hal ini bisa menjadi penanda konsumsi makanan atau obat-obatan yang mempengaruhi warna dari air kencing. Sementara itu, jika air kencing berwarna oranye, maka tubuh berada dalam kondisi dehidrasi yang sangat berat. Urine berwarna oranye menandakan urine berada dalam tingkat konsentrasi sangat pekat dan kental sehingga kita tentu harus meminum air yang banyak untuk menyeimbangkan kadar cairan tubuh kembali.

Baca Juga:  Awas, Implan Silikon Pada Payudara Bisa Membuat Pemeriksaan Tumor Jinak Sulit Dilakukan

Kadang kala, air kencing juga diiringi dengan keluarnya darah yang tentu bisa membuat panik dan rasa takut. Air kencing dengan darah biasanya menjadi tanda adanya masalh infeksi pada saluran kemih atau bahkan gangguan pada organ ginjal. Anda tentu harus memeriksakan hal ini ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat dan kondisi organ ginjal atau saluran kencing pun bisa disembuhkan dengan baik.