Kenali Vitamin penting Untuk Wanita

DokterSehat.Com – Vitamin adalah bahan kimia yang mengambil peran penting dalam semua proses kegiatan dalam tubuh. Vitamin berperan dalam reaksi di dalam sel. Setiap vitamin melakukan fungsi tertentu dalam tubuh, dan tidak ada makanan yang bisa memenuhi semua vitamin yang dibutuhkan tubuh. Kebutuhan vitamin bagi setiap orang berbeda-beda bergantung pada tahapan usia. Kekurangan vitamin tertentu berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan serius.



Berikut vitamin yang dibutuhkan oleh wanita :

  • Vitamin A
    Vitamin A mengandung sifat antioksidan. Wanita dari segala usia membutuhkan vitamin A karena membantu dalam membangun dan memperkuat tulang, gigi, jaringan lunak, kulit dan selaput lendir. Makanan yang kaya vitamin A adalah wortel, melon, labu, aprikot, tomat, semangka, jambu biji, brokoli, kale, pepaya, buah persik, paprika merah, bayam, telur, hati, susu dan sereal.
  • Vitamin B2
    Vitamin B2 dikenal sebagai riboflavin, vitamin B2 sangat penting untuk kesehatan yang baik, pertumbuhan normal dan metabolisme. Vitamin B2 membantu meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengurangi kesemutan dan mati rasa, kecemasan, stres dan kelelahan. Kekurangan vitamin B2 dapat mempengaruhi metabolisme dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan fungsi saraf yang dapat menyebabkan mata pucat dan lidah, sakit tenggorokan, sariawan, rambut kering, keriput dan kulit gatal. Beberapa makanan yang kaya vitamin B2 antara lain daging, keju, susu, yogurt, sayuran berdaun, ragi, telur, sereal, biji-bijian, kacang kedelai, almond, kacang-kacangan dan jamur.
  • Vitamin B6
    Vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah vitamin penting yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin tertentu ini juga membantu tubuh memproduksi hormon yang dapat membantu mengurangi depresi, dan penyakit jantung. Bagi wanita hamil bisa makan makanan dengan vitamin B6 untuk menyingkirkan morning sickness atau mual. Kekurangan vitamin B6 dalam tubuh dapat menyebabkan anemia. Beberapa makanan terbaik untuk dosis yang sehat dari vitamin B6 yang diperkaya sereal, alpukat, pisang, daging, kacang-kacangan, ikan, oatmeal, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering.
  • Vitamin C
    Vitamin C memiliki banyak manfaat kesehatan bagi wanita. Vitamin C membantu mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan pertumbuhan jaringan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan kerusakan jaringan. Ini juga memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Beberapa yang terbaik makanan kaya vitamin C adalah brokoli, jeruk bali, kiwi, jeruk, paprika, kentang, stroberi, kubis dan tomat.