Kenali Tipe Gangguan Afektif Bipolar

DokterSehat.ComApa itu Bipolar?
Bipolar adalah gangguan yang bersifat berulang dimana emosi dan aktivitas terganggu, bisa terjadi peningkatan emosi dan penambahan kekuatan, dan pada waktu lain terjadi penurunan emosi disertai pengurangan energi dan aktivitas.

doktersehat-Skizofrenia-gangguan-kepribadian-ambang

Apa saja jenis dari Gangguan Afektif Bipolar?

  • Episode Kini Hipomanik, merupakan gangguan emosi yang meningkat atau berubah disertai peningkatan aktivitas, menetap selama sekurangnya beberapa hari berturut-turut dan tak disertai halusinasi.
  • Episode Kini Manik tanpa Gejala Psikotik,merupakan gejala yang harus berlangsung selama sekurangnya 1 minggu, cukup berat sampai mengacaukan seluruh atau hampir seluruh pekerjaan dan aktivitas sosial yang biasa dilakukan perubahan emosi harus disertai energi yang bertambah sehingga aktivitas berlebihan, banyak bicara, kebutuhan tidur berkurang.
  • Episode Kini Manik dengan Gejala Psikotik. Gejalanya sama dengan Episode Manik tanpa gejala psikotik tetapi dalam bentuk lebih berat, disertai harga diri yang membumbung dan gagasan kebesaran yang berkembang menjadi waham.
  • Episode Kini Depresif Ringan atau Sedang. Harus ada sekurang-kurangnya 2 dari 3 gejala ini: menurunnya emosi, kehilangan minat, berkurangnya energi yang menuju meningkatnya keadaan mudah lelah. Ditambah sekurang-kurangnya 2 dari gejala lainnya: konsentrasi dan perhatian berkurang, harga diri dan kepercyaan diri berkurang, gagasan tentang perasaan bersalah, nafsu makan berkurang.
  • Episode Kini Depresif Berat tanpa Gejala Psikotik. Harus ada 3 gejala antara lain emosi menurun, kehilangan minat, berkurangnya energi. Ditambah sekurang-kurangnya 4 dari gejala lainnya yaitu konsentrasi menurun, harga diri berkurang, gagasan tentang perasaan bersalah, pesimis, nafsu makan berkurang, dan tidur terganggu.
  • Episode Kini Depresi Berat dengan Gejala Psikotik, memenuhi gejala episode kini depresi berat disertai keyakinan yang sulit dipatahkan, halusinasi, dan sikap depresif.
  • Episode Kini Campuran, merupakan gejala yang sekarang menunjukkn gejala manik, hipomanik, dan depresi yang tercampur atau bergantian dengan cepat sekurang-kurangnya 2 minggu
Baca Juga:  Stres Ternyata Bisa Mengganggu Penyerapan Lemak Baik Dari Makanan

Therapi dan Pengobatan
Obat antipsikotik dan antidepressan untuk menstabilkan suasana hati.