Kenali Tanda-tanda Stres Di Tubuhmu

DokterSehat.Com – Stres bisa datang kapan saja, di antara kesibukan dan juga kecemasan Anda. Stres juga muncul dan tidak kita sadari karena terlalu sibuk dengan berbagai macam masalah dan juga rutinitas. Sampai kita tidak sadar kalau ternyata ada beberapa gangguan fisik ataupun mental yang menghampiri.

9

Sebenarnya tubuh sudah mengirimkan sinyal kepada kita loh ladies, sinyal bahwa Anda akan terkena stres dan terjadi kelelahan di semua aspek kehidupan Anda. Karena terlalu sibuk akhirnya kita tidak menghiraukan tanda-tanda itu.

Dampak tanda stress yang Anda abaikan bisa buruk bagi sistem pencernaan seperti iritasi organ pencernaan bahkan penyakit kardiovaskular dan stroke.

Berikut Gejal-gejala stres :

  • Kulit gatal
    Stres ternyata bisa memicu reaksi pada kulit kita, jika kulit terasa gatal akhir-akhir ini, coba perhatikan tingkat stres dalam kehidupan. Karena bisa jadi itu awal gejala stress atau malah memiliki masalah lanjutan lain. Jangan lupa mengunjungi seorang dokter spesialis kulit untuk mengatasi hal ini.
  • Nyeri pada gusi
    Bila stres, itu akan meningkatkan kadar hormon kortisol yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini yang memicu pertumbuhan bakteri di mulut dan akhirnya memicu iritasi sampai peradangan pada gusi. Sebagai wanita bau mulut tak sedap akibat peradangan bisa berakibat buruk. Kita jadi kurang percaya diri. Selain menggosok gigi dan berkumur dengan cairan pembersih, meningkatkan kekebalan tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, cukup tidur dan konsumsi multivitamin akan sangat membantu.
  • Mata Kedutan
    Mata kedutan juga salah satu tanda yang diberi tubuh untuk memberitahu kalau kita akan terkena stress. Bisa jadi ini adalah tanda bahwa kita perlu beristirahat dan santai. Karena pekerjaan yang menumpuk dan akhirnya memaksa kta begadang dan konsumsi kafein juga bisa menjadi penyumbang utama mata kedutan. Coba untuk perbanyak istirahat agar mata kedutan tidak berlanjut.
  • Mual
    Jika tiba tiba sering mual padahal sudah makan dengan teratur, ini juga bisa menjadi indikasi bahwa kita akan stres. Kecemasan yang berlebihan adalah pemicunya. Selain olahraga, mengurangi makanan yang berbumbu dan kopi akan membantu Anda menurunkan risiko stres yang akan menghampiri kita.