Kenali Tanda-Tanda Diabetes dari Mulut

DokterSehat.Com– Tanpa disadari penyakit diabetes bisa menimbulkan komplikasi di seluruh organ tubuh. Agar tidak terlambat mengatasinya, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke ahli medis. Atau Anda juga bisa mengamati tanda-tanda diabetes melalui bagian tubuh lainnya seperti mulut.

doktersehat-lidah-mulut

Kondisi kesehatan mulut yang buruk bisa jadi menandakan bahwa Anda menderita penyakit diabetes. Berikut ini tanda-tanda yang nampak di mulut akibat peningkatan kadar glukosa dalam tubuh:

Kerusakan gigi
Selain kurang menjaga kebersihan gigi, kadar glukosa yang meningkat juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Bakteri dalam mulut dapat cepat berinteraksi dengan makanan manis yang dikonsumsi. Akibatnya, terbentuklah plak gigi.

Pembusukan gigi
Penyakit diabetes mengakibatkan menurunnya sistem imun tubuh sehingga tubuh menjadi kesulitan melawan bakteri. Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya peradangan dan pembusukan gusi.

Mulut kering
Tanda oral diabetes lainnya adalah mulut kering yang disebabkan kurangnya produksi air liur oleh kelenjar air liur. Akibatnya, bisa muncul masalah seperti nyeri, sariawan, kerusakan gigi, dan infeksi.

Infeksi jamur
Air liur yang mengandung kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan jamur tumbuh subur. Akibatnya, dapat menimbulkan terjadinya infeksi dan berkembang menjadi luka.