Kenali Tanda-Tanda Anak Hiperaktif!

DokterSehat.com – Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan. Seperti manusia dewasa lainnya, anak-anakpun memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Ada anak yang cenderung diam, kritis, bahkan banyak sekali anak yang terlalu aktif.



Anak yang aktif biasanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi sehingga mereka cenderung tidak bisa menahan rasa ingin tahunya. Rasa ingin tahu yang tinggi merupakan tanda bahwa anak cerdas dan kreatif. Namun, bila terlalu aktif bisa jadi anak termasuk hiperaktif. Tak jarang sikapnya yang terlalu aktif atau berlarian kesana-kemari membuat orangtua kewalahan. Berikut ini tanda-tanda anak yang tergolong hiperaktif:

1. Tidak Fokus

Anak hiperaktif cenderung tidak bisa bertahan lama dengan yang dilakukannya. Misalnya, bila ia sedang main bola dan ada temannya yang membawa layang-layang, maka ia akan beralih untuk ikut bermin layang-layang. Anak hiperaktif tidak bisa bertahan diam lebih dari 5 menit. Anak ini juga suka berteriak-teriak tidak jelas, dan berbicara semaunya. Juga memiliki sikap yang tidak mudah dipahami.

2. Sifat Menentang

Anak hiperaktif lebih sulit dinasehati dari pada anak non-hiperaktif. Bila sedang asyik bermain naik turun tangga mereka cenderung masa bodoh, diam saja aatau malah marah dan melanjutkan permainannya saat kita minta untuk berhenti.

3. Destruktif

Sebagai perusak ulung, anak hiperaktif harus dijauhkan dari ruangan yang banyak benda-benda berharga atau barang pecah belah dan sejenisnya. Sikap yang suka melempar, menghancurkan barang inilah yang disebut destruktif.

4. Tidak Mengenal Lelah

Meski setiap hari terus-terusan berlari, melompat, atau bergerak terus namun anak tidak tampak kelelahan saat sedang bermain ataupun setelah bermain seharian.

5. Tanpa Tujuan Jelas

Baca Juga:  Jangan Menunda Imunissasai Pada Anak

Umumnya anak yang aktif membuka buku untuk dibaca, namun pada anak hiperaktif membuka buku dijadikan kegiatan untuk menyobek kertas, melipat-lipat, atau membolak balik tanpa membaca.

6. Bukan Penyabar yang Baik dan Usil

Anak hiperaktif cenderung tidak sabar menunggu giliran bermain. Akibatnya, mereka memilih untuk merebut paksa mainan yang sedang dipegang temannya. Selain itu, mereka juga suka memukul, mencubit, atau mendorong tanpa alasan.