Kenali Tanda Serangan Jantung pada Wanita

DokterSehat.Com – Jika serangan jantung datang, gejala yang dirasakan pada wanita tidaklah selalu sama dengan yang dirasakan pria. Terkadang wanita tidak merasakan gejala serangan jantung klasik seperti nyeri dada tertindih yang menyebar ke satu lengan. Beberapa wanita merasakan gejala yang terkadang tidak nyata sehingga menjadi terlewatkan. Dibawah ini adalah gejala serangan jantung yang umum dialami oleh wanita:

doktersehat-sesak-nafas-asma

  1. Nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada. Nyeri dada pada wanita kadang seperti diremas atau seperti perasaan penuh. Nyeri dada dapat dirasakan dimana saja di dada, tidak hanya pada dada kiri. Biasanya timbul rasa yang sangat tidak nyaman saat terjadi serangan jantung.
  2. Nyeri pada lengan, punggung, leher, atau rahang. Gejala ini lebih sering dirasakan pada penderita wanita daripada laki-laki. Nyeri ini dapat muncul mendadak atau perlahan.Gejala ini bisa timbul-hilang sebelum serangan menjadi lebih kuat. Jika anda sedang tidur, gejala ini dapat membuat anda menjadi terbangun.
  3. Nyeri pada perut. Gejala ini kadang disalahtafsirkan sebagai gejala dari heartburn, flu atau tukak lambung. Terkadang beberapa wanita yang mengalami serangan jantung dapat merasakan tekanan berat pada perut seolah-olah ada gajah yang duduk di atas perut.
  4. Nafas jadi memendek, mual, dan pusing. Jika terjadi nafas yang memendek dan terengah-engah tanpa sebab yang pasti, maka anda kemungkinan terkena serangan jantung, apalagi jika terdapat gejala-gejala lain seperti diatas.
  5. Berkeringat. Penderita terlihat seperti orang gugup, selain itu muncul keringat dingin pada wanita yang terkena serangan jantung. Keringat pada mereka yang terkena serangan jantung terlihat seperti keringat pada orang yang tertekan dibandingkan dengan mereka yang berkeringat setelah berolahraga.
  6. Kelelahan. Wanita yang terkena serangan jantung akan merasa sangat kelelahan meskipun mereka sudah duduk beberapa saat. Pasien merasa sangat kelelahan yang dirasakan di dada. Mereka bahkan tidak bisa melakukan aktivitas sederhana untuk berjalan ke kamar mandi.
Baca Juga:  Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan flu

Gejala diatas umumnya dialami oleh wanita, namun demikian tidak semua gejala bisa ditemukan pada satu orang,  Jika Anda mengetahui atau mengalami gejala yang sangat tidak nyaman serupa dengan beberapa gejala diatas langkah yang tepat dilakukan adalah segera memanggil bantuan dan membawa ke unit kesehatan terdekat agar sesegera mungkin dilakukan pertolongan dan pemeriksaan yang tepat.