Kenali Tanda dan Gejala Kanker

DokterSehat.Com– Kanker adalah kondisi pertumbuhan sel-sel di luar kendali secara ganas. Kanker adalah penyebab kematian paling umum kedua setelah penyakit jantung. Persentase yang signifikan dari kanker yang baru didiagnosis dapat disembuhkan. Kanker lebih bisa disembuhkan bila terdeteksi dini. Meskipun beberapa kanker berkembang sepenuhnya tanpa gejala, penyakit ini dapat sangat menghancurkan hidup Anda jika Anda mengabaikan gejala-gejalanya karena Anda tidak menganggap bahwa gejala ini mungkin merupakan kanker.

gejala-dan-tanda-kanker

Kanker sering tidak memiliki gejala spesifik, jadi penting bagi orang untuk membatasi faktor risiko dan menjalani pemeriksaan kanker yang sesuai. Sebagian besar skrining kanker spesifik untuk kelompok usia tertentu dan dokter perawatan primer Anda akan tahu skrining apa yang harus dilakukan tergantung pada usia Anda. Orang dengan faktor risiko kanker (misalnya, perokok, pengguna alkohol berat, paparan sinar matahari tinggi, genetika) harus benar-benar mengetahui gejala kanker potensial dan dievaluasi oleh dokter jika memang mengembangkannya.

Akibatnya, individu perlu mengetahui gejala mana yang mungkin mengarah pada kanker. Orang tidak boleh mengabaikan gejala peringatan yang dapat mengarahkan ke diagnosis dini dan lebih mungkin untuk disembuhkan.

Apa tanda dan gejala kanker?
Kanker memberi kebanyakan orang tidak memberikan gejala atau tanda yang secara eksklusif menunjukkan penyakitnya. Sayangnya, setiap keluhan atau gejala kanker bisa dijelaskan dengan kondisi yang tidak berbahaya juga. Jika gejala tertentu terjadi atau berlanjut, dokter harus mengevaluasi lebih lanjut. Beberapa gejala umum yang mungkin terjadi pada kanker adalah sebagai berikut:

1. Batuk terus-menerus atau air liur yang disertai darah

  • Gejala ini biasanya merupakan infeksi sederhana seperti bronkitis atau sinusitis.
  • Namun, gejala ini bisa menjadi gejala kanker paru-paru, kepala, dan leher. Siapa pun dengan batuk yang berlangsung lebih dari sebulan atau dengan darah di lendir batuk sebaiknya segera menemui dokter.
Baca Juga:  Kenali Tanda dan Gejala Kanker - Benjolan di Testis, Buang Air Kecil, Darah Urin, dan Suara

2. Perubahan kebiasaan buang air besar

  • Sebagian besar perubahan kebiasaan buang air besar terkait dengan diet dan asupan cairan Anda.
  • Dokter terkadang mengamati bahwa tinja berdiameter kecil berkaitan dengan kanker usus besar.
  • Terkadang, kanker menunjukkan diare terus-menerus.
  • Beberapa orang dengan kanker merasa seolah-olah mereka perlu buang air besar dan masih merasa seperti itu setelah mereka buang air besar. Jika keluhan usus ini berlangsung lebih dari beberapa hari, evaluasi oleh dokter diperlukan.
Kenali Tanda dan Gejala Kanker – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5