Kenali Sendawa Pada Bayi

DokterSehat.Com – Sendawa adalah sebuah proses dalam tubuh yang membuat gas hasil proses pencernaan makanan bisa dikeluarkan lewat mulut. Sendawa sendiri bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa, anak-anak, maupun mereka yang masih bayi. Banyak orang tua yang bingung dengan sendawa pada bayi karena biasanya diikuti dengan gumoh atau kondisi dimana bayi memuntahkan kembali susu yang baru saja diminum. Hal ini ternyata bukan masalah yang besar mengingat sendawa dan gumoh ini hanya sebuah proses dimana sistem pencernaan yang masih belum sempurna masih menyesuaikan diri agar dapat mencerna susu dengan baik.

doktersehat-bayi-makan-sayur-buah

Sendawa pada bayi justru bisa memberikan kebaikan bagi bayi karena bisa mencegah kondisi kembung pada perut bayi. Tanpa kita sadari, saat meminum susu, banyak volume udara yang ikut tertelan sehingga memicu kembung pada lambung bayi. Dengan sendawa, udara yang tertelan tersebut pun akan dilepas dan membuat perut bayi pun cenderung lebih nyaman. Perut kembung pada bayi sendiri bisa membuat bayi menjadi sangat rewel dan sering menangis. Banyak orang tua yang bingung saat bayi menangis namun bukan karena buang air atau ingin minum susu. Biasanya, tangisan bayi ini dikarenakan kondisi perutnya yang kembung.

Kita bisa mencegah sendawa bayi yang disertai dengan gumoh setelah menyusui. Namun, karena sistem pencernaan bayi masih belum sempurna hingga bayi berusia 4 bulan, maka kita bisa membantu bayi bersendawa namun tidak diikuti dengan gumoh dengan beberapa cara. Cara pertama adalah dengan menggendong bayi di depan dan menempatkan posisi kepala bayi lebih tinggi. Untuk mencegah gumoh berceceran, kita bisa menyiapkan handuk kecil di area dada dan mulai menepuk punggung bayi dengan lembut. Selain digendong, kita juga bisa memposisikan bayi tengkurap pada pangkuan kita namun dengan memposisikan kepala lebih tinggi dari tubuh. Pelan-pelan tepuklah punggung bayi hingga bayi pun bersendawa. Kita juga bisa menggendong bayi namun dengan menghadapkan bayi ke posisi belakang dimana kepala bayi disandarkan pada bahu kita dan menempuk-nepuk atau mengelus punggung dengan lembut hingga bersendawa. Pastikan bahwa anda sudah menempatkan handuk pada bahu anda agar anda terhindar dari gumoh akibat proses sendawa.