Kenali Penyebab Puting Lecet saat Menyusui

Umumnya, ibu yang baru melahirkan dan memberikan ASI ekslusif kepada bayi mereka biasanya akan mengeluhkan rasa sakit dan perih di bagian puting. Seperti yang dialami Risma (25), ibu dari Roberto (1,5 bulan), yang mengeluhkan rasa sakit dan perih ketika menyusui bayinya. “Setiap kali menyusui Roberto saya selalu merasa nggak nyaman. Sakit dan perih di bagian puting selalu saya rasakan. Bahkan, puting saya juga lecet seperti terluka. Ih, rasanya sakit banget apalagi kalau Roberto lagi menyusui,” keluh Risma.

doktersehat-menyusui-kehamilan

Mungkin tidak hanya Risma yang mengalami masalah puting lecet, tetapi masih banyak juga ibu-ibu lain yang merasakan hal sama. Jangan dulu khawatir karena masalah puting lecet bisa diatasi, asalkan kamu tahu penyebabnya.

Sebab, menurut, dr. Asti Praborini, Sp.A (K)., umumnya ibu yang mengalami puting lecet karena posisi menyusui yang belum tepat. Hal ini dianggap wajar karena sebagai ibu baru tentu belum memiliki pengalaman saat menyusui. Akibat posisi menyusui yang kurang tepat dan pelekatan yang belum benar membuat bayi kurang nyaman saat menyusu. Sehingga, bayi akan berusaha mencari posisi yang tepat untuk menyusu dengan cara menarik puting Si Ibu. Inilah yang membuat puting terasa sakit, perih dan lecet.

“Kunci keberhasilan menyusui agar ibu nggak mengalami puting lecet adalah posisi dan pelekatan menyusui yang benar. Ibu dan bayi harus sama-sama nyaman. Perhatikan, dagu dan payudara ibu harus menempel,” kata dr. Asti Praborini, Sp.A (K)., IBCLC.

Bayi Bukan Menghisap Puting

Sebenarnya saat menyusui, bayi seharusnya bukan menghisap puting Si Ibu. Tetapi yang benar bayi menyusui dengan cara menghisap aerola ibu. Nah, tapi kebanyakan ibu malah memposisikan bayi menghisap puting. Inilah yang mengakibatkan puting lecet karena bayi menghisap dan menarik puting. “Buatlah mulut bayi terbuka lebar untuk bisa menghisap aerola ibu saat menyusui. Dengan begitu, ibu tidak akan mengalami puting lecet. Saat bayi menghisap aerola maka puting terletak di antara langit-langit mulut bayi yang keras dan lunak,” jelas dr. Asti Praborini, Sp.A (K)., IBCLC

Baca Juga:  Suka Selfie? Bisa Jadi Anda Orang yang Kesepian

Posisi ini membuat bayi menyusu dengan menggunakan lidahnya. Jadi, lecet pada puting bisa dihindari jika ibu memahami bagaimana cara menyusui yang benar. Tanda si bayi menyusu dengan benar, perhatikan kondisi pipinya. Kalau pipi bayi menggembung itu artinya bayi sudah dalam posisi menyusui dan pelekatan yang benar. Jadi, pastikan posisi bayi melekatkan mulut ke aerola sudah tepat ya. Karena posisi menyusui yang tidak tepat menjadi penyebab risiko puting lecet.

Konsultasi Mengenai Pemberian ASI Eksklusif Silahkan Kunjungi web :http://www.hypnobirthingindonesia.com/