Jenis-Jenis Gatal & Penyebab Timbulnya Gatal

DokterSehat.com – Gatal adalah perasaan yang secara otomatis atau refleks menuntut seseorang untuk menggaruk. Penggarukan inilah yang menyebabkan kulit menjadi merah yang di sebabkan oleh iritasi, gatal terjadi karena adanya reaksi alergi bahan kimia, makanan, sengatan serangga, sinar matahari, dan obat-obatan. Meskipun gatal bukanlah suatu penyakit yang mengkhawatirkan. Tapi jika di biarkan begitu saja, maka akan mengalami masalah yang lebih serius seperti luka garukan menjadi infeksi, bakteri dan virus menjadi mudah masuk sehingga menyebabkan nanah. Hal inilah yang bisa masuk kebagian tubuh lainnya dan berakibat fatal bahkan kematian.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Simak berikut ini:

  • Gatal Akut
    Rasa gatal yang muncul kurang dari 6 minggu. Gatal akut bisa terjadi karena alergi obat-obatan, gigitan serangga, dan penyakit internal lainnya.
  • Gatal Kronis
    Penyebab gatal kronis sulit untuk diidentifikasi, jenis gatal ini kadang memicu timbulnya penyakit dalam, seperti sulit bernafas, muntah, dan diare.
  • Gatal Konfik
    Gatal ini terjadi karena kondisi fisik terhadap allergen. Misalnya cuaca dingin, panas, pancaran sinar matahari, dan jeringatan
  • Dermatologi
    Dermatologi adalah penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada kulit, seperti eksim, cacar air, dan kadas. Dermatologi bisa terjadi karena kurang menjaga kebersihan tubuhnya atau sensitifitas tubuh yang tinggi terhadap alergen.

Cara Pengobatan Pada Gatal
Pengobatan pada gatal dapat di lakukan dengan cara melihat apa yang menjadi penyebab timbulnya gatal. Oleh karena itu, dokter kadang melakukan beberapa tes skrinning kulit guna untuk mencari apa yang menjadi penyebab sesungguhnya. Jika cuma hanya melihat jenis gatal, maka sangatlah sulit untuk ditentukan bagaimana gatal pada kulit ini dapat dihilangkan. Dokter biasanya hanya akan memberikan anti histamine sebagai pereda gejala yang muncul. Pada gatal kronis, dokter biasanya akan meresepkan antihistamin yang di kombinasi dengan obat oral dengan kandungan corticosteroid.