Kenali Penyebab Bayi Lahir Kekurangan Oksigen

DokterSehat.Com – Kekurangan oksigen pada bayi yang baru dilahirkan merupakan kasus serius, kekurangan oksigen yang telat ditangani akan membuat sel-sel di otak mati yang bisa mengakibatkan kecacatan hingga kematian.

10

Kekurangan oksigen ke janin dapat terjadi pada setiap kehamilan, maka itu penting buat paramedis memperlakukan bayi yang kekurangan oksigen dengan sigap.

Kekurangan oksigen dapat menyebabkan kecacatan yang serius yang dapat menghancurkan hidup si anak dan keluarga, menguras emosi dan finansial. Kasus cerebral palsy (cedera otak) pada bayi sebesar 20 persen disebabkan karena kekurangan oksigen.

Adapun faktor yang berhubungan dengan penyebab bayi yang lahir kekurangan oksigen diantaranya timbul ketika hamil dan persalinan, yaitu :

  • Tali pusat yang terbelit
    Pada saat persalinan tali pusat terpelintir sehingga akan berkaitan dengan posisi bayi. Terbelitnya tali pusat akan mempengaruhi nutrisi ke dalam janin salah satunya adalah asupan oksigen yang terhambat. Sehingga apabila terjadi tali pusat yang terbelit maka akan membahayakan posisi janin.
  • Tali pusat mencekik Leher
    Gerakan ketika bayi hendak mengalami posisi turun menyebabkan tali pusat melilit di leher. Sehingga diperlukan pemantauan selama melahirkan yang cermat karena apabila leher bayi terlilit tali pusat maka akan menyebabkan sulit mendapatkan pasokan oksigen.
  • Ketuban pecah sebelum terjadi persalinan
    Apabila usia kehamilan lewat waktu yang menyebabkan ketuban pecah sebelum terjadi persalinan sehingga menyebabkan plasenta terganggu karena adanya hambatan dalam pertukaran oksigen yang menyebabkan resiko hipoksia pada janin.
  • Bayi saat keluar lahir
    Proses lahir yang sulit dan menyebabkan terjebaknya janin di dalam lahir akan menyebabkan bayi kekurangan oksigen. Kondisi ini mengharuskan ahli medis bergerak cepat dalam penanganan bayi yang sulit keluar lahir.
  • Pengaruh Konsumsi Obat Selama Kehamilan/Persalinan
    Disarankan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Salah satunya untuk menghindari bayi lahir kekurangan oksigen.
  • Penyakit yang diderita ibu hamil
    Kondisi kesehatan ibu hamil akan memicu kekurangan oksigen diantaranya adalah gagal jantung, diabetes melitus atau hipertensi. Pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil sangat penting dilakukan apalagi menjelang persalinan untuk memantau kondisi ibu dan janin.
Baca Juga:  Agar Anak Tidak Mudah Sakit, Lakukan Hal-Hal Berikut

Adapun bayi yang kekurangan oksigen memiliki tanda-tanda sebagai berikut :

  • Memiliki Skor Agar yang rendah. Skor Agar dapat membantu untuk melihat oksigen di dalam bayi. Dengan melakukan serangkaian test untuk melihat respon bayi.
  • Memiliki PH yang rendah dalam tali pusatnya yang menandakan kekurangan oksigen.
  • Kesulitan menelan susu dan kesulitan tidur.
  • Mengalalmi napas terhenti pada beberapa waktu, bahkan pada bayi yang baru lahir mengalami kejang.

Dengan demikian bagi anda yang telah mengetahui penyebab bayi lahir kekurangan oksigen maka anda dapat menghindarinya dengan memantau posisi bayi menjelang persalinan pada ahli medis sehingga dapat terhindar dari bayi lahir kekurangan oksigen.