Kenali Mitos Penyakit Diabetes Yang Salah, Ketahui Faktanya

DokterSehat.Com – Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat banyak diderita oleh masyarakat. Bagaimana tidak, data yang ditunjukkan dari federasi diabetes internasional bahkan menunjukkan bahwa penderita diabetes di Indonesia ternyata tertinggi ke lima di dunia! Melihat fakta ini, banyak orang Indonesia yang ternyata belum mampu mengadopsi gaya hidup sehat sehingga mudah terkena diabetes. Selain itu, adanya mitos-mitos yang berkembang di masyarakat justru membuat pencegahan diabetes menjadi hal yang semakin sulit untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa mitos yang berkaitan erat dengan masalah diabetes di Indonesia.

doktersehat-muka-wajah-kecantikan-gula

Mitos Tipe Diabetes dan Faktor Usia
Anda bisa bertanya pada diri anda sendiri, apakah anda mengetahui tipe-tipe penyakit diabetes? Banyak masyarakat awam yang berpikir bahwa diabetes adalah satu jenis penyakit dan diabetes tipe 1 maupun tipe 2 adalah sama saja. Padahal, kedua jenis penyakit ini memerlukan penanganan yang berbeda dimana penderita diabetes tipe 1 telah mengalami fase dimana tubuh tidak lagi menghasilkan insulin dan membutuhkan suntikan insulin dan penderita diabetes tipe 2 hanya memerlukan sepertiga suntikan insulin saja. Selain itu, banyak masyarakat yang berpikir jika diabetes hanya akan menyerang orang tua saja sehingga saat muda kita bisa melakukan gaya hidup dan pola makan seenaknya. Padahal, banyak orang berusia remaja yang sudah mengalami diabetes tipe ke dua. Biasanya, anak-anak atau remaja tersebut memiliki masalah obesitas sejak kecil sehingga mudah terkena diabetes.

Mitos Makanan Manis dan Karbohidrat
Untuk mencegah diabetes, masyarakat awam sering kali berpendapat bahwa mengkonsumsi makanan manis dan juga karbohidrat adalah hal yang sangat dilarang. Padahal, dalam realitanya, penderita diabetes justru masih bisa mengkonsumsi karbohidrat, meskipun jumlahnya tentu akan terbatas dan sesuai dengan saran dokter. Selain itu, makanan manis ternyata tidak selalu menjadi penyebab diabetes. Penyakit diabetes tipe 2 terjadi karena gaya hidup yang sangat tidak sehat layaknya kurang berolahraga, hobi memakan makanan kurang sehat, atau bahkan kesulitan menjaga berat badan ideal. Sementara itu, penyakit diabetes tipe 1 justru disebabkan oleh masalah sistem autoimun yang menyebabkan pankreas tidak mampu lagi memproduksi insulin. Mengurangi konsumsi makanan manis memang akan sangat baik untuk menjaga tubuh sehat dan menjaga berat badan tubuh, namun, hal ini tidak serta merta langsung mengurangi resiko terkena diabetes.

Baca Juga:  Aspirin, Obat Mujarab Penjaga Kesehatan Para Lansia

Mitos Diabetes Tipe Kering & Tipe Basah
Mitos terakhir tentang diabetes pada masyarakat adalah adanya diabetes tipe kering dan tipe basah. Tidak ada tipe diabetes yang seperti ini. Masyarakat menganggap penyakit diabetes tipe basah sebagai diabetes melitus hanya karena jika tubuh terkena luka, maka luka ini bisa tidak mengering sama sekali dan menyebabkan komplikasi yang membahayakan. Namun, mitos ini tetap saja tidak benar adanya.