Kenali Laringitis, salah satu jenis penyakit tenggorokan

DokterSehat.Com – Laringitis atau radang tenggorokan adalah peradangan kotak suara (laring) yang disebabkan oleh infeksi atau iritasi, di dalam laring terdapat  pita suara  yang biasanya akan membuka dan menutup dengan lancar, membentuk suara melalui pergerakan dan getaran. Tapi bila terjadi laringitis, pita suara anda menjadi meradang atau terjadi iritasi. Jika seseorang mengalami laringitis biasanya suaranya  akan terdengar serak. Dan bahkan  dalam beberapa kasus akan membuat suara tidak terdengar sama sekali.

11

Bila seseorang terserang gangguan radang tenggorokan, gejala yang timbul antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Suara serak
  1. Lemahnya suara atau hilangnya suara.
  1. Tenggorokan terasa gatal dan terasa ada sentuhan kasar.
  1. Sakit tenggorokan.
  1. Tenggorokan Kering.
  1. Batuk kering.

Penyebab laringitis tergantung pada jenis kondisinya, sehingga bisa sangat bervariasi. Penyebab akut antara lain adalah infeksi virus flu, penggunaan suara yang berlebih atau berteriak, penyakit campak, gondok dan difteri. Penyebab ini sudah terbukti bertanggung jawab atas laringitis akut. Sedangkan penyebab dari laringitis kronis antara lain adalah penyakit gastroesphageal reflux (GERD), penyalahgunaan alkohol, merokok, asap bahan kimia yang terhirup, alergen dan iritan yang lainnya. Penggunaan suara yang berlebih juga dapat memicu timbulnya laringitis kronis. Pada suatu kondisi tertentu, infeksi bakteri, jamur, kanker, infeksi parasit atau lumpuhnya pita suara dapat juga terdeteksi sebagai penyebab potensial, namun pada kasus yang sangat jarang terjadi.

Pengobatan

Pengobatan penyakit laringitis berpusat pada sebab penyakit. Sebagian besar kasus laringitis adalah infeksi virus dan bisa terobati dengan sendirinya oleh sistem kekebalan tubuh dalam seminggu atau lebih. Pada kondisi lain, dokter akan memberikan pengobatan berupa antibiotik, kortikosteroid dan obat refluks asam tergantung penyebab penyakit laringitis tersebut. Hal yang harus dilakukan antara lain adalah :

  1. Sebelum anda meminum obat, anda bisa melakukan perawatan diri supaya lebih nyaman. Caranya adalah dengan menghirup uap dari semangkuk air panas yang disarankan untuk penderita laringitis.
  1. Gunakan suara anda seperlunya ketika anda sedang dalam masa pemulihan dari penyakit laringitis, apalagi berteriak-teriak hingga otot leher menegang.
  1. Anda harus menjaga kadar air dalam tubuh anda dengan meminum air 1-1,5 liter setiap hari.
  1. Pada pagi hari saat tenggorokan terasa iritasi, maka anda dapat berkumur air hangat yang diberi garam dapur atau ditambahkan cengkeh dan jahe.
  1. Hindari merokok dan konsumsi minuman beralkohol karena dapat memperburuk gejala lebih lanjut.