Kenali Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Macam Susu

Doktersehat.com – Susu tidak hanya digemari oleh anak-anak. Orang dewasa pun banyak yang masih mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Namun, munculnya berbagai macam produk susu terkadang membuat Anda bingung memilih. Berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan berbagai macam susu:



Susu Sapi

Susu sapi kaya akan kandungan kalsiumnya. Secangkir susu sapi dapat mencukupi  kebutuhan kalsium sebanyak 30 persen per hari. Susu sapi juga mengandung vitamin D dan protein yang dapat mencegah timbulnya masalah pada tulang. Selain itu, kandungan kalium dan fosfor yang terdapat pada susu sapi juga bermanfaat untuk menguatkan gigi dan tulang.

Dalam memilih susu sapi sebaiknnya  pilihlah susu tanpa lemak yang hanya mengandung setengah jumlah kalori susu. Jangan mengonsumsi susu sapi apabila Anda alergi dengan laktosa sebab susu sapi justru dapat membuat Anda kembung dan diare.

Susu Kambing

Kandungan kalsium yang terdapat dalam susu kambing ternyata lebih tinggi daripada susu  sapi. Tak hanya itu saja, susu kambing juga mengandung triptofan yakni asam amino esensial yang membantu memeproses protein tubuh. Hasil riset juga menemukan kandungan seng dan selenium dalam susu kambing yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, sebaiknya konsumsilah susu kambing sesuai batas kebutuhan tubuh sebab kandungan lemak jenuhnya cukup tinggi.

Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan protein tinggi dan bebas dari lemak jenuh. Kedelai dalam bentuk minuman atau makanan dapat menekan risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi sebanyak 25 gram per hari.

Sayangnya, kandungan kalsium pada susu kedelai cukup rendah. Maka lebih baik apabila Anda memilih produk yang diperkaya kalsium dan vitamin D.

Kandungan protein phytic acids dalam susu kedelai juga akan menghambat penyerapan vitamin dan mineral serta zat besi dalam tubuh.

Baca Juga:  Anda Sedang Berdiet? Hindari Jenis Makanan Ini!

 

Sumber: ghiboo.com