Kenali Keganasan/ Karsinoma Lidah

DokterSehat.Com – Karsinoma lidah merupakan keganasan yang paling sering ditemukan diantara keganasan rongga mulut. Menurut data dari RS Kanker Universitas Kedokteran Zhongshan, karsinoma lidah menempati 39,95% dari keganasan rongga mulut  atau  0,94% dari keganasan seluruh tubuh. Laporan dari luar negeri menyebutkan  pada umumnya karsinoma lidah menempati 2,3 – 5% dari keganasan seluruh tubuh. Insiden karsinoma lidah di India mencapai 14%. Perbandingan antara laki-laki dan wanita adalah 1,2-1,8 : 1. Lebih sering ditemukan pada usia lanjut daripada usia muda

doktersehat-lidah

Beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya karsinoma lidah adalah sebagai berikut :

  1. Tembakau.  Penggunaan  tembakau  dalam  waktu  lama merupakan faktor  utama yang penting dan berhubungan erat dengan  timbulnya karsinoma lidah. Beberapa penelitian  menunjukkan  bahwa hampir  90%  penderita  karsinoma  lidah mempunyai riwayat penggunan tembakau dan meningkat dengan kebiasaan merokok. Insiden karsinoma  lidah  pada penderita yang merokok diperkirakan 6 kali lebih sering terjadi dibandingkan pada penderita yang tidak  merokok.
  2. Alkohol.  Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi alkohol yang tinggi terhadap terjadinya karsinoma sel skuamosa lidah. Minuman alkohol mengandung berbagai bahan karsinogen yang menyebabkan kanker. Alkohol juga merupakan zat pelarut yang dapat mempermudah sel terpapar bahan karsinogen dari tembakau.
  3. Infeksi Virus.  Virus  dapat menyebabkan keganasan  dengan mengubah struktur DNA dan kromosom  sel yang diinfeksinya. Virus human papilloma (HPV) berhubungan dengan timbulnya  karsinoma lidah.
  4. Faktor gigi dan mulut.  Keadaan rongga mulut  dengan higien yang  jelek ikut berperan memicu timbulnya  karsinoma  lidah. Iritasi kronis yang terus menerus berlanjut dari gigi yang kasar atau runcing, gigi yang karies, akar gigi dan gigi palsu yang letaknya tidak sesuai akan dapat memicu terjadinya keganasan.
Baca Juga:  Kelahiran Bayi dengan Teknik Tiga Orang Tua Biologis Pertama Kali Terjadi di Meksiko

Pemeriksaan  penunhang berupa radiologi CT Scan atau MRI dapat digunakan untuk menentukan batas dan ukuran tumor serta keterlibatan kelenjar getah bening leher. Pembesaran kelenjar getah bening lebih dari satu sentimeter dapat dideteksi pada pemeriksaan CT scan. Pemeriksaan CT scan  juga dapat   mendeteksi  penyebaran kanker lidah ke tulang, sedangkan MRI dapat mendeteksi luasnya suatu tumor. Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya penyebaran yang jauh adalah  foto rontgen dada dan pemeriksaan fungsi hati.

Penatalaksanaan pada karsinoma lidah pada saat ini meliputi pembedahan, radioterapi, kemoterapi ataupun kombinasi.