Kenali Kecenderungan Kanker Payudara pada Pria Anda

DokterSehat.Com – Kanker payudara saat ini tidak lagi hanya menyerang perempuan. Kaum lelaki juga saat ini harus mulai mewaspadai penyakit yang mematikan ini. Pinkribbon.com menyebutkan bahwa kanker payudara bisa menjangkit pria berusia 60-100 tahun.



Selain itu, sebanyak tidak lebih dari 10% kanker payudara pada pria diakibatkan oleh gen. Namun, apabila dia memiliki saudara perempuan atau ibu yang memiliki kanker payudara, maka dia memiliki resiko lebih tinggi.

Kemudian, kanker payudara pada pria juga bisa disebabkan oleh radiasi, eksposur ekstrogen, penyakit hati, obesitas, dan konsumsi alcohol berlebihan.

Walaupun perbandingan kanker payudara pada perempuan dan lelaki berbanding 100:1, namun tidak ada alasan bagi laki-laki untuk tidak melakukan tindakan preventif.

Seperti yang tumbuh pada tubuh perempuan, kanker payudara pada lelaki juga bisa dideteksi sedini mungkin. Namun, kanker tersebut berbeda dengan yang tumbuh pada perempuan, terutama pada ukuran, dan ketahanan tubuh pria terhadap kanker tersebut.

Salah satu tanda-tanda utama kanker payudara pada pria adalah benjolan, yang sering kali tidak menyebabkan rasa sakit. Tanda-tanda lainnya adalah ruam di sekitar puting, puting mengeluarkan cairan berwarna bening, dan tumbuhnya cabang pada puting.