Kenali Karbo Baik dan Jahat Bagi Tubuh

Doktersehat.com – Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan tubuh. Nasi, kentang, roti, dan mie adalah contoh makanan yang mengandung karbohidrat. Namun, tidak semua karbohidrat baik bagi tubuh.



Pada dasarnya karbohidrat dibagi menjadi dua, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Sumber karbohidrat sederhana seperti gula jagung atau anggur (dektrosa atau glukosa), gula dari buah (fruktosa), atau gula meja (sukrosa).

Sementara karbohidrat kompleks terdiri dari tiga atau lebih jenis gula. Jenis karbohidrat ini lebih sehat ketimbang karbohidrat sederhana karena dalam penguraiannya membutuhkan lebih banyak “usaha”.

Selain itu, menurut indeks glikemiknya karbohidrat juga diklasifikasikan berdasarkan kecepatan dan ketinggian karbohidrat dalam meningkatkan kadar gula dalam darah.

Makanan dengan indeks glikemik rendah seperti roti putih bisa mengakibatkan gula darah naik dengan cepat. Sedangkan makanan seperti gandum utuh yang tergolong indeks glikemik tinggi akan lebih lambat dicerna sehingga mengakibatkan gula darah turun

Berikut ini beberapa tips cara sehat mengonsumsi karbohidrat menurut Harvard School of Public Health, sebagaimana yang dilansir dalam MyHealthNewsDaily:

  1. Jadikan biji-bijian sebagai menu sarapan Anda. Konsumsilah sereal panas, seperti gandum kuno.
  2. Saat makan siang Anda bisa mengonsumsi roti gandum.
  3. Sebagai menu makan malam, Anda bisa mencoba nasi cokelat, pasta gandum, berry gandum. Tapi jangan konsumsi kentang untuk makan malam.
  4. Konsumsilah buah utuh ketimbang jus. Jeruk utuh mengandung dua kali lebih banyak serat dan lebih sedikit gula ketimbang 350 gram jus jeruk.
  5. Kacang mengandung zat karbohidrat yang dicerna secara perlahan dan kaya akan protein. Anda bisa mengonsumsi kacang sebagai camilan sehat.

Sumber: Intisari-Online.com