Kenali Jenis Penyakit Tumor

Dokter Sehat – Tubuh manusia terdiri dari beberapa jenis sel, fungsi sel dari beberapa bagian tubuh berbeda-beda. Sel tersebut secara berlahan-lahan menjadi tua dan mati, kemudian digantikan oleh sel-sel yang baru. Secara normal pertumbuhan sel-sel tubuh berjalan sesuai dengan bentuk dan fungsi setiap organ tubuh, namun jika pertumbuhannya sudah tidak terkendali sel akan tumbuh secara tidak normal. hal inilah yang menyebabkan timbulnya tumor.



Tumor terdiri dari dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas, tumor jinak biasanya hanya berbentuk benjolan dan dapat bertumbuh semakin besar di bagian tertentu dan tidak menyebar kebagian lainnya. Namun tumor jinak ini sangat berbahaya bila berada pada daerah tertentu seperti otak, karena pertumbuhannya dapat menekan jaringan disekitarnya.

Berbeda dengan tumor ganas yang biasa disebut dengan kanker, tumor ganas sel-selnya dapat menyebar ke daerah lain dan dapat merusak jaringan di sekitarnya. Oleh sebab itu penanganan jenis tumor ini harus cepat ditangani agar tidak menyebar dan dapat menyebabkan kematian. Penyakit tumor dapat diditeksi sejak dini, dengan penangan yang tepat dapat mencegah penyakit ini menjadi tumor ganas atau kanker. Dengan demikian kemungkinan terburuk dari tumor ini dapat diminimalisir.