informasi kesehatan


Kenali Jenis-Jenis Penyakit Tulang

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Tulang

Doktersehat.com – Tulang adalah jaringan yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular (type I collagen) yang disebut sebagai osteoid. Osteoid ini termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite, sehingga tulang menjadi kaku dan kuat. Atau bisa juga dikatakan tulang atau kerangka adalah penopang tubuh vertebrata. Tanpa tulang, pasti tubuh kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur.

Perlu kita ketahui bahwa penyakit tulang banyak sekali macamnya oleh karena itu apabila anda mengalaminya segera periksakan ke dokter sebab jika terlambat akan berakibat fatal. Berikut ini macam-macam penyakit tulang:

1. Kaki Bengkok
Kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Bisa juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga dapat membuat kaki menjadi bengkok.
Kaki bengkok yang terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tidak dapat diobati sendiri di rumah namun harus segera ditangani oleh tenaga medis.

2. Pembengkakan Ibu Jari (Bunions)
Bunions adalah pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan.
Pembengkakan ibu jari kaki ini terjadi sebagai akibat penggunaan sepatu yang tidak cocok, berujung lancip, atau kesempitan. Sepatu yang sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan.

3. Calcaneal Spur (Sakit pada Tumit)
Sakit pada tumit ini terjadi akibat ketegangan yang berlebihan karena memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit.

Merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit. Jika sakit di tumit ini terasa terus mengganggu, sebaiknya segera berobat ke dokter.

4. Hidroxiapatite atau yang lebih dikenal dengan penyakit tulang akibat penumpukan calcium piropospat (sejenis kalsium tubuh)

5. Osteoarthritis, penyakit ini sebagian besar terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini merupakan arthritis yang tidak menimbulkan peradangan pada sendi. Biasanya penyakit ini menyerang sendi pada lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu dan pinggul penyakit ini adalah nama lain dari rematik.

6. Penyakit Pirai (Gout), penyakit ini biasanya menyerang mendadak pada manusia dan terjadi secara berulang. Dengan ditandainya perasaan nyeri pada tulang. Penyakit ini disebabkan terbentuknya endapan kristal monosodium glutamat urat yang berkumpul pada sendi. Penyebab lainnya karena tingginya kadar asam urat dalam darah.

7. Sarcoidosis, penyakit ini merupakan peradangan yang bermula dengan ditandai terbentuknya granuloma di kelenjar getah bening, paru-paru, hati, dan mata, kulit juga jaringan lainnya.

8. Nyeri Sendi Akibat Infeksi : infeksi tubuh bisa saja menyerang tulang jika Anda kurang kewaspadaan mengkonsumsi makanan

9. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau nama lainnya adalah lupus. Adalah penyakit anti imun, dimana sistem kekebalan tubuh yang fungsinya melindungi orang tersebut, akan berbalik menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri. Biasanya orang yang menderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulang mereka. Penyakit ini belum diketahui obatnya dan sangat sulit difahami oleh beberapa dokter di dunia.

10. Kiposis adalah gangguan pada tulang belakang. Dimana Anda akan terlihat bungkuk karena tulang melengkung ke depan dan penderita akan terlihat bongkok.

11. Keseleo atau terkilir adalah gangguan yang terjadi pada sendi tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi tidak bisa digerakkan atau terjadinya rasa sakit yang luar biasa pada sendi.

12. Osteoporosis, dimana akan menyebabkan tulang Anda menjadi rapuh, keropos dan mudah sekali patah. Penyakit ini menyerang orang yang sudah mempunyai umur lanjut.

13. Rakitis, akibat orang tidak mau mengkonsumsi sayur atau kekurangan vitamin D, tulang kaki akan menjadi bengkkok dengan berbentuk huruf O atau X

14. Mikrosefalus adalah penyakit kelainan pada pertumbuhan tulang terutama bagian tengkorak kepala. Jika mengalami kelainan ini, penderita akan terlihat lebih kecil dari manusia normal pada umumnya.

15. Skoliosis. Penderita yang mengalami penyakit ini mempunyai pertumbuhan tulang yang aneh. Tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri maupun kanan.

Macam penyakit tulang diatas sebetulnya dapat dicegah dengan mengkonsumsi kalsium yang seimbang, karena kalsium berguna sekali untuk kesehatan tulang. Selain itu rajinlah berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Dari berbagai sumber

pf button both Kenali Jenis Jenis Penyakit Tulang
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

42 Responses to “Kenali Jenis-Jenis Penyakit Tulang”

  1. Jefry says:

    Yang sering saya alami ini adalah keseleo, mohon info cara mengatasi keseleo
    terima kasih..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Bila keseleo tersebut telah terjadi maka kompres dingin dapat membantu untuk menurunkan rasa nyeri, minum obat penahan rasa nyeri bila diperlukan, bila sendi mengalami pergeseran maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ortopedi untuk dilakukan tindakan reposisi. Tindakan memijit bila tidak dilakukan dengan benar akan memperberat gejala.

      Untuk pencegahan terjadinya keseleo sendir adalah dengan menggunakan sepatu yang nyaman dan datar. Penyebab seseorang sering keseleo sendiri umumnya karena perbedaan letak anatomi pada kaki sendiri ( misal memang bentuknya lebih miring dari pada normalnya. Pada keadaan seperti ini tentunya selain sepatu yang sesuai ( termasuk bentuk lekukannya), harus juga dengan lebih berhati-hati.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. puji astutik says:

    Suami sy sering nyeri di telapak kaki nya. Sampai betis.terkadang jari kakinya kram.Sdh sering berobat ke dokter. Dn di kasih obat nyeri tp.. kakinya msh sakit jg.. asam urat dn rematik normal. Mohon penjelasannya … makasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. leo says:

    salam sejahtera
    saya mau nanya dokter,istri saya tulang belakangnya terjadi pembengkokan dibeberapa titik sampai ditulang ekor…ini kami ketahui saat scan,penyakit istri saya uda 2tahun dan sampai sekarang,dokter uda kasih obat dan diterapi,knapa sampai sekarang koq belum sembuh?malah setiap bangun tidur sakitnya luar biasa samapai-sampai gak bisa bernafas dan berjalan,sebenarnya apa penyakit yang dialami istri saya dan apa obat yang harus diberikan?terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Dalam Hal Ini perlu pemeriksaan langsung Dan kami pun perlu Melihat langsung hasil scan ya untuk mengetahui kondisi Isteri anda. Bila memang Sudah diperiksakan ke dokter, DNA bisa tanyakan langsung kepada dokter Yg memeriksa tentang penyakit Isteri DNA Karena itu ialah Hak pasien. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. hani says:

    Siang dok, saya mau tanya tulang saya sering sakit , sakitnya itu di tulang punggung . Kadang sakitnya itu menyebar ke paha dan tangan . Padahal umur saya baru 13tahun. Itu diperkirakan kenapa ya dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Keterngan kamu kurang jelas. Sudah berapa lama? Tulang punggung bagian mana? Pernah terjatuh/terbentur/terpukul di bagian tersebut? Kapan munculnya rasa sakit itu, apa Yg kamu Lakukan untuk mengurangi sakitnya?
      Bila memang sering terjadi berulang, Ada baiknya langsung diperiksakan ke dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • hani says:

        Sudah hampir 1tahun dok, saya ga pernah jatuh ,terpukul,atau terbentur. Rasa sakit itu datang kalau saya kecapekan misal habis plng sekolah pasti sakit sekali. Sakit itu dibagian punggung punggung atas ,bawah,tengah . Biasanya untuk menghilangkan rasa sakit itu saya berbaring di tempat tidur.

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Untuk kasus kamu, kemungkinan disebabkan Karena posisi duduk Yg salah/miring/bungkuk, atau bisa juga Karena mengangkat beban Yg berat seperti tas sekolah atau benda lainnya Dari posisi Yg salah atau dalam waktu Yg lama.
          Coba hindari hal2 Yg menimbulkan rasa nyeri pada tulang punggung kamu. Bila tidak Ada perbaikan atau bertambah nyeri, sebaiknya periksakan ke dokter. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. hani says:

    Makasih dok .

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. bambang says:

    Keponakan saya berumur 11th dikatakan menderita skoliosis, adakah cara pengobatan/terapinya selain dengan operasi? Mohon penjelasannya? Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Scoliosis Yg di derita apakah Karena bawaan atau Karena posisi duduk Yg miring? Pada beberapa kasus, bila hanya terjadi sedikit kebengkokan tulang belakang Dan belum mengganggu sekali, bisa diterapi dengan Olah raga berenang. Namun bila sangat mengganggu, kami sarankan untuk dilakukan terapi sesuai Yg dianjurkan Oleh dokter spesialis tulang. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • bambang says:

        Karena bawaan dok. Ada yg menyarankan menggunakan “brace” seberapa efektifkah alat tsb dan dimana bisa mendapatkannya? Terimakasih

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Penggunaan brace, dapat membantu progresivitass scoliosis, namun tidak menyembuhkan, Dan penggunaannya bisa dalam waktu lama atau bahkan selamanya. Anda bisa mengkonsultasikan Hal Ini dengan dokter orthopedic, Karena ukurannya harus disesuaikan dengan keponakan anda. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Oxa II says:

    Saya menglami juga penyakit tulang trutma di tulang belakang nyeri jg pegaal tiap hari + nyeri2 persendian tgan dan kaki , ini termsuk ke jenis ap ya ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinannya Ada bermacam2, kelelahan, gejala flu, infeksi atau radang persendian.bila sangat mengganggu segera periksakan ke dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Deassy says:

    Dok,. Beberapa bln ni kedua tumit saya slalu skt bila dipakai berjalan.

    Pernah jg saya tekan2 pinggiran tumit saya diatas tmpt tdr swkt rebahan, koq trasa skt jg dok..?
    Apalg wkt pergelangan kaki saya putar2 trasa sktnya dari tumit, mata kaki hingga betis.

    Kira2 kaki saya skt apa ya dok? Dan bagaimana cara mengobati nya?

    Sebelum nya terima kasih atas info nya dok..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Berapa usia anda? Apa pekerjaan anda? Berat badan/tinggi badan? Sakit pada tu it bisa Karena pemakaian berlebih seperti Jalan/berdiri lama, berat badan berlebih, atau bisa juga sakit Asam urat.dan bila sangat mengganggu, and abis a memeriksakan ke dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. EM says:

    Saya umur 19 thn, keluhan saya yaitu kaki saya berbentuk o. Apa dapat disembuhkan dirumah/ harus oprasi? Kalau bisa di coba dirumah apa yang harus dilakukan?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Dalam hal ini harus diperiksa dulu dan tidak bisa hanya di rumah. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. fazri says:

    Dok ayah saya sakit pada tulang pada kaki kanan, terasa ngilu yang luar biasa dan tulang panas.itu penyakit apa ya?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Tulang bagian mana? Bila sangat mengganggu sebaiknya langsung periksakan ke dokter. Trimsm

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. ustman says:

    Saya kok ada benjolan di bawah lutut kri saya ya dok klau di pijit di tempat benjolan tersebut terasa ngilu

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      kemungkinan ialah tendon. trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • ustman says:

        Tendon itu apa dok
        Lalu bagaimana cara mengatasi nyaa

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          tendon ialah bagian otot yg menghubungkan otot dengan tulang dan ini termasuk normal. namun bila sangat mengganggu anda bisa periksakan ke dokter. trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • ustman says:

            Dok tonjolan itu di depan dok bukan di balang ,tepat nya paling atas tulang kering dok lalu apa itu dok trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            sudah berapa lama? kapan munculnya? pernah terjatuh/terbentur? benjolan banyak jenisnya mulai dari bisul sampai tumor dan perlu pemeriksaan langsung untuk mengetahuinya. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • ustman says:

            2 tahun dok pernah siihh ada terbentur tapi klau tumor kok keras sperti tulang dok trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            mohon maaf keterangan yg anda berikan sedikit2 dan tidak jelas. seperti yg kami katakan, benjolan ada banyak jenisnya dan kami tidak bisa katakan apa itu tanpa melihat dan memeriksa langsung. kami hanya katakan benjolan bisa bermacam2 mulai dari bisul sampai tumor. tumor sendiri jg ada banyak jenisnya. bila memang sudah lama dan sangat mengganggu anda sebaiknya langsung saja anda periksakan ke dokter agar semua jelas. trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. regina says:

    Selamat malam dok saya ingin tanya. Ibu saya berumur 50 tahun mengalami kaki yang ngilu. Rasanya sampai ke tulang. Dari lutut sampai telapak kaki dan lebih parah pada malam hari. Sering susah menggerakan kaki pada saat tidur. Sudah sekitar 8 bulan. Tidak ada riwayat trauma sebelumnya. Indeks Massa Tubuh normal. Pekerjaan ibu rumah tangga. Kolesterol & asam urat sedikit tinggi. Selama ini hanya diberi balsam. Kira2 ibu saya kenapa ya dok? Terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      apakah masih mens? pada usia sekitar 50 tahunan mulai mamasuki masa menopause dan pada beberapa wanita bisa menimbulkan gejala2 seperti emosi yg labil, nyeri2 pada sendi dan tubuh, cepat lelah, dll. Namun perlu diperhatikan juga adanya gangguan anatomis seperti rematik. Bila sangat mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • regina says:

        Setahun lalu konsultasi ke dokter tidak ada rematik & memang sdh menopause. Untuk memperingan bagaimana ya dok? Karena tidak mau diajak ke dokter. Terimakasih

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Bila sangat mengganggu memang haru diberikan obat, ditambah lagi ada kolesterol dan asam urat. Rendam tungkai dengan air hangat, suplemen glucosamine dan chondroitin bisa membantu. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. sysilia yoga says:

    Saya mau tanya dok. Ketika lari kaki kanan disamping kanan tulang kering saya sering merasakan rasa sakit yang terjadi secara tiba”. Kira-kira itu bahaya gak ya dok. Trimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Harus diketahui dulu penyebabnya seperti adanya riwayat terjatuh, terbentur,dsb. Bila sangat mengganggu sebaiknya periksakan dulu ke dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. nita says:

    selamat sore,
    dok mohon informasinya. kalo ada tulang yang dibawah leher yang deket kerah baju di depan ( saya tidak tau apa nama tulangnya ) terlihat lebih menonjol dr yg satunya itu kenapa ya? tolong dijelaskan dok,,,dan harus bagaimana… mohon informasinya..
    terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Sudah berapa lama? Ada riwayat terjatuh atau kecelakaan atau trauma apapun yg mengenai bagian tersebut? Ada keluhan seperti nyeri dan lainnya? Bila tidak ada keluhan, maka tidak apa2. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0