informasi kesehatan


Kenali Jenis-Jenis Penyakit Tulang

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Tulang

            

Doktersehat.com – Tulang adalah jaringan yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular (type I collagen) yang disebut sebagai osteoid. Osteoid ini termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite, sehingga tulang menjadi kaku dan kuat. Atau bisa juga dikatakan tulang atau kerangka adalah penopang tubuh vertebrata. Tanpa tulang, pasti tubuh kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur.

Perlu kita ketahui bahwa penyakit tulang banyak sekali macamnya oleh karena itu apabila anda mengalaminya segera periksakan ke dokter sebab jika terlambat akan berakibat fatal. Berikut ini macam-macam penyakit tulang:

1. Kaki Bengkok
Kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Bisa juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga dapat membuat kaki menjadi bengkok.
Kaki bengkok yang terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tidak dapat diobati sendiri di rumah namun harus segera ditangani oleh tenaga medis.

2. Pembengkakan Ibu Jari (Bunions)
Bunions adalah pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan.
Pembengkakan ibu jari kaki ini terjadi sebagai akibat penggunaan sepatu yang tidak cocok, berujung lancip, atau kesempitan. Sepatu yang sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan.

3. Calcaneal Spur (Sakit pada Tumit)
Sakit pada tumit ini terjadi akibat ketegangan yang berlebihan karena memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit.

Merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit. Jika sakit di tumit ini terasa terus mengganggu, sebaiknya segera berobat ke dokter.

4. Hidroxiapatite atau yang lebih dikenal dengan penyakit tulang akibat penumpukan calcium piropospat (sejenis kalsium tubuh)

5. Osteoarthritis, penyakit ini sebagian besar terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini merupakan arthritis yang tidak menimbulkan peradangan pada sendi. Biasanya penyakit ini menyerang sendi pada lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu dan pinggul penyakit ini adalah nama lain dari rematik.

6. Penyakit Pirai (Gout), penyakit ini biasanya menyerang mendadak pada manusia dan terjadi secara berulang. Dengan ditandainya perasaan nyeri pada tulang. Penyakit ini disebabkan terbentuknya endapan kristal monosodium glutamat urat yang berkumpul pada sendi. Penyebab lainnya karena tingginya kadar asam urat dalam darah.

7. Sarcoidosis, penyakit ini merupakan peradangan yang bermula dengan ditandai terbentuknya granuloma di kelenjar getah bening, paru-paru, hati, dan mata, kulit juga jaringan lainnya.

8. Nyeri Sendi Akibat Infeksi : infeksi tubuh bisa saja menyerang tulang jika Anda kurang kewaspadaan mengkonsumsi makanan

9. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau nama lainnya adalah lupus. Adalah penyakit anti imun, dimana sistem kekebalan tubuh yang fungsinya melindungi orang tersebut, akan berbalik menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri. Biasanya orang yang menderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulang mereka. Penyakit ini belum diketahui obatnya dan sangat sulit difahami oleh beberapa dokter di dunia.

10. Kiposis adalah gangguan pada tulang belakang. Dimana Anda akan terlihat bungkuk karena tulang melengkung ke depan dan penderita akan terlihat bongkok.

11. Keseleo atau terkilir adalah gangguan yang terjadi pada sendi tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi tidak bisa digerakkan atau terjadinya rasa sakit yang luar biasa pada sendi.

12. Osteoporosis, dimana akan menyebabkan tulang Anda menjadi rapuh, keropos dan mudah sekali patah. Penyakit ini menyerang orang yang sudah mempunyai umur lanjut.

13. Rakitis, akibat orang tidak mau mengkonsumsi sayur atau kekurangan vitamin D, tulang kaki akan menjadi bengkkok dengan berbentuk huruf O atau X

14. Mikrosefalus adalah penyakit kelainan pada pertumbuhan tulang terutama bagian tengkorak kepala. Jika mengalami kelainan ini, penderita akan terlihat lebih kecil dari manusia normal pada umumnya.

15. Skoliosis. Penderita yang mengalami penyakit ini mempunyai pertumbuhan tulang yang aneh. Tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri maupun kanan.

Macam penyakit tulang diatas sebetulnya dapat dicegah dengan mengkonsumsi kalsium yang seimbang, karena kalsium berguna sekali untuk kesehatan tulang. Selain itu rajinlah berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Dari berbagai sumber

pf button both Kenali Jenis Jenis Penyakit Tulang


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

59 Responses to “Kenali Jenis-Jenis Penyakit Tulang”

  1. via says:

    Saya sering merasa sakit pada tulang betis saya,,,yang terkadang membuat saya hingga menangis,,sebenarnya ini sakit apa ya dok,,dan apa obatnya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Nyeri bila sedang apa? Kedua2 kaki? Kami disini tidak meresepkan obat untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. nitaherbal says:

    dok,ibu saya sering nyeri pada tumit… kenapa ya dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0