Kenali Gejala Stroke Ringan Tetapi Mematikan Pada Wanita

DokterSehat.Com – Setiap tahun, sekitar 425.000 wanita di dunia mengalami stroke. Dan hampir 77.000 wanita meninggal akibat komplikasi stroke. Wanita berisiko terkena stroke lebih tinggi daripada pria.



Stroke adalah gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, disebabkan semata-mata oleh gangguan pembuluh darah di otak, dan dapat menyebabkan kematian.

Stroke dapat muncul kapan saja, di manapun dan pada siapa saja. Seseorang dikatakan menderita stroke jika mengalami defisit neurologis selama lebih dari 24 jam. Bila kurang dari itu disebut stroke ringan.

Semakin Anda tahu tentang gejala stroke pada wanita, semakin cepat Anda mendapatkan pengobatan. Pengobatan secara dini, akan menurunkan risiko Anda mengalami cacat, dan bisa pulih lebih cepat.

Berikut beberapa gejala stroke pada wanita, yang harus Anda ketahui :

  • Nyeri dada yang parah
  • Sesak nafas tiba-tiba
  • Cegukan mendadak
  • Nyeri tiba-tiba pada wajah dan tungkai
  • Kehilangan keseimbangan, kurangnya koordinasi, dan kesulitan berjalan
  • Kebingungan, kesulitan bicara, kurang memahami dan tidak mengingat pembicaraan
  • Mati rasa pada lengan, wajah, kaki, terutama pada satu sisi tubuh

Sedangkan gejala psikologis yang terjadi adalah: disorientasi, perubahan perilaku mendadak, halusinasi dan tidak responsif jika diajak bicara.

Penderita stroke, bisa mengalami masalah mental yang lebih fatal, jika kondisinya tidak ditangani dengan baik. Mereka memiliki kecenderungan untuk bertindak konstruktif jika marah.

Maka dari itu Ladies, kenali tanda-tanda dan gejala penyakit stroke. Penyakit ini juga bisa menyerang wanita usia muda. Jika Anda mengamati seseorang dengan gejala stroke, Anda dapat membantunya.

Jangan abaikan gejala-gejala ringan, seperti penglihatan ganda, menjatuhkan benda berkali-kali secara tak sengaja, cegukan berulang atau nyeri pada kaki. Tetap waspada ya Ladies.