Kenali Gejala Serangan Jantung Dan Pertolongan Pertama

DokterSehat.Com – Serangan jantung muncul secara tiba-tiba dan seringkali menimbulkan kematian. Hal ini mungkin terjadi karena orang yang mengalami sakit maupun orang di sekitarnya tidak menyadari hal tersebut. Berikut akan kami sampaikan beberapa hal yang perlu diketahui mengenai serangan jantung sehingga Anda bisa mewaspadai dan segera melakukan pertolongan bila orang di sekitar Anda mengalami hal serupa.

doktersehat-sakit-paru-dada

Serangan jantung pada sebagian besar orang menimbulkan keluhan nyeri, tekanan atau rasa seperti ditindih atau diremas dadanya. Rasa nyeri tersebut bisa juga menjalar hingga punggung, leher, bahu, maupun rahang bawah. Hal yang Anda lihat di televisi, orang memegang dada kemudian jatuh ke tanah, bisa saja terjadi namun tidak selalu. Nyeri pada serangan jantung seringkali juga dirasakan di sekitar perut, disertai keringat dingin, mual, dan muntah, sehingga diartikan lain, misalnya maag.

Gejala pada serangan jantung datangnya mendadak dan memberat dalam waktu singkat. Jika Anda menemui gejala seperti di atas hendaknya berpikir kemungkinan serangan jantung dan pergi ke IGD terdekat. Jika memungkinkan, pergilah ke IGD dengan ambulan dan paramedik. Beberapa ambulan telah dilengkapi alat untuk rekam jantung sehingga dapat diketahui apakah benar pasien mengalami serangan jantung atau tidak. Selain itu dengan ambulan dan paramedik, pasien dapat diberikan oksigen atau obat untuk mengurangi nyeri selama di perjalanan. Keuntungan lain menggunakan ambulan adalah Anda tidak perlu memusingkan kemacetan lalu lintas.

Saat terjadi serangan jantung, waktu adalah emas. Tidak perlu memusingkan rumah sakit mana yang terbaik untuk mengatasi serangan jantung. Hampir seluruh dokter yang bertugas di IGD telah memiliki sertifikat atau mengikuti pelatihan menangani pasien serangan jantung. Setelah dilakukan pertolongan pertama, umumnya pasien akan ditangani oleh dokter jantung untuk dilakukan operasi maupun tindakan lainnya.