Kenali Gejala Penyakit Rosacea

DokterSehat.Com – Sebagai agen tubuh pertama yang bersentuhan dengan berbagai macam hal, kulit memiliki resiko lebih tinggi terserang berbagai macam penyakit, dari yang ringan seperti panu sampai yang cukup parah seperti kanker kulit. Selain kanker kulit, penyakit kulit lain yang cukup berbahaya adalah roscacea.

Screen Shot 2015-11-04 at 4.32.22 PM

Kenapa rosacea berbahaya? Sebab, seperti dijelaskan dalam laman www.webmd.boots.com, penyakit kulit ini bisa menjadi salah satu gejala kanker kulit. Penyakit kulit rosacea adalah gangguan umum yang biasa menyerang kulit pada bagian wajah. Penyakit ini menyebabkan kemerahan pada hidung, dagu, pipi dan dahi. Kemerahan ini akan terus terjadi seiring berjalannya waktu, bahkan dalam tahap tertentu pembuluh darah mungkin akan terlihat.

Penyebab penyakit kulit rosacea ini tidak diketahui dengan pasti, meski beberapa teori telah ada untuk menjelaskan penyebab penyakit kulit satu ini. Satu teori mengatakan bahwa penyakit kulit rosacea ini disebabkan oleh gangguan umum pada pembuluh darah. Sementara, teori lain menunjukkan bahwa penyebab penyakit kulit rosacea ini adalah tungau mikroskopis kulit, jamur, faktor psikologis, atau kerusakan jaringan ikat di bawah kulit.

Gejala penyakit kulit rosacea ini meliputi kemerahan yang persisten. Wajah kemerahan persisten yang mirip dengan kulit terbakar matahari merupakan gejala awal penyakit kulit rosacea ini. Selain itu, benjolan dan jerawat yang berisi nanah juga bisa dikategorikan sebagai gejala penyakit rosacea.

Rosacea adalah jenis penyakit kulit yang tidak dapat disembuhkan. Tetapi, Anda bisa melakukan terapi medis untuk mengendalikan kondisi penyakit ini. Jika Anda mendapati gejala-gejala yang mirip dengan gejala penyakit rosacea terjadi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA : Obat Penyakit Hipogonadisme Herbal