Kenali Gejala Penyakit Polip

DokterSehat.Com – Penyakit polip biasanya menyerang hidung, tepatnya pada area sinus, bagian dalam hidung yang merupakan banyak lubang kecil yang berisi udara. Penyakit polip sendiri kerap diidentikkan dengan penyakit yang memiliki rupa layaknya buah anggur dan sangat lembut. Yang menjadi masalah adalah, polip inilah yang bisa menyumbat hidung sehingga kita akan mendapatkan gangguan pernafasan layaknya tersumbatnya hidung, hidung yang terus berair, dan juga gangguan pada penciuman dan indera perasa. Apakah penyebab dari munculnya penyakit polip?

doktersehat-hidung-tht-sinus

Banyak pakar kesehatan yang berkata bahwa polip berasal dari adanya kumpulan begitu banyak infeksi, alergi, asma atau masalah kekebalan lainnya. Jika polip dibiarkan begitu saja, maka penderitanya bisa mendapatkan penyakit sinusitis atau bahkan alergi rhinitis. Polip sendiri bisa dikenali dari beberapa gejala layaknya sakit kepala, sakit pada wajah, hidung berair terus menerus, bersin terus menerus, atau bahkan semakin tidak pekanya indera penciuman dan semakin seringnya mendengkur saat tidur. Disamping itu, rasa sakit dan gatal pada area mata dan gigi atas juga bisa menjadi gejala penyakit ini. Uniknya, banyak dari gejala penyakit ini cenderung mirip dengan pilek, hanya saja polip bisa jadi adalah pilek yang berlangsung dengan durasi yang lebih lama.

Jika anda ingin mengobati polip, maka anda tentu harus mendatangi dokter yang memang spesial pada penyakit ini. Dokter akan mengecek apakah ukuran polip sudah terlalu besar sehingga memerlukan operasi atau masih dalam ukuran yang kecil sehingga bisa memakai obat-obatan saja. Beberapa obat yang diyakini bisa mengobati polip adalah semacam antihistamin yang bisa mengendalikan alergi di dalam hidung. Antihistamin yang dikombinasikan dengan antibiotik yang tepat dapat membuat infeksi pada polip hidung semakin berkurang.

Baca Juga:  Kanker Vagina Dan Pengobatannya

Polip juga bisa membuat radang pada area hidung sehingga harus diobati agar setidaknya ukuran polip semakin mengecil. Obat-obatan semacam kortikosteroid biasanya bisa diberikan untuk mengurangi ukuran polip ini. Jenis obat ini sendiri bisa berupa obat tetes, obat tetes, atau bahkan suntikan. Sementara itu, jika polip sudah sangat menghambat hidung dan memberikan gangguan tidur apnea, maka operasi pengangkatan harus dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini.