Kenali Gejala Penyakit dari Kondisi Tangan

DokterSehat.Com – Manusia tidak pernah lepas dari masalah kesehatan. Gangguan kesehatan muncul dari gejala atau perubahan dari tubuh manusia sehingga mereka bisa bisa tahu sedang sehat atau sakit. Salah satu cara mendeteksi adanya penyakit atau gangguan kesehatan melalui tangan. Menurut Yahoo, ada beberapa perubahan bentuk pada tangan manusia yang menunjukkan orang tersebut mengalami gangguan kesehatan. Simak penjelasannya dibawah ini :



  • Gemetar
    Jika tangan Anda gemetar tak terkontrol, pertama jangan panik. Salah satu alasan mengapa tangan mengalami tremor adalah terlalu banyak kafein. Beberapa jenis obat seperti obat asma dan antidepresi juga bisa menyebabkan tangan gemetar. Tetapi jika tremor yang dialami bukan karena penyebab itu dan terjadi cukup sering, periksakan ke dokter. Tremor juga bisa menjadi pertanda penyakit parkonson.
  • Kuku rapuh dan patah
    Kondisi kuku yang rapuh dan patah bisa menandakan Anda kurang zinc. Fungsi dari mineral ini adalah membantu pertumbuhan dan memperbaharui sel kulit.
  • Kulit mengelupas
    Jika kulit di area jari-jari mengelupas, ini bisa jadi pertanda kekurangan vitamin B. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti niacin (B3) dan biotin (B7) seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat, jamur, dan tuna.
  • Kulit kering dan gatal
    Sepertinya tak ada losion yang bisa mengatasi kondisi kulit tangan Anda yang kasar. Kondisi tersebut bisa juga disebabkan karena eksim, penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, gatal, atau ruam. Periksakan ke dokter, dan jika ternyata itu bukan karena eksim, gunakan pelembab kulit yang mengandung vitamin A.
  • Bintik coklat
    Kulit tangan sangat rentan pada kerusakan akibat sinar ultraviolet karena area ini menyerap tambahan sinar UV. Faktor usia juga bisa menyebabkan timbulnya bintik-bintik kecokelatan di kulit. Pastikan Anda menggunakan body lotion mengandung SPF untuk bagian kulit yang terpapar sinar matahari.
  • Ujung jari membiru
    Ujung jari atau kuku yang berubah warna dari putih ke biru atau merah bisa menandakan penyakit sindrom Raynaud. Kondisi ini menyebabkan rasa dingin di jari tangan dan kaki, juga rasa nyeri, baal, dan seperti kesemutan. Penyebab sindrom Raynaud adalah kejang pada aliran darah sehingga mengurangi sirkulasi darah. Lakukan pengobatan segera.