Kenali Gejala Meningitis Radang Selaput Otak Pada Anak

DokterSehat.Com – Meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Ketika meradang, meninges membengkak karena infeksi yang terjadi. Sistem saraf dan otak bisa rusak pada beberapa kasus.

8

Sebenarnya apa gejala dari penyakit yang disebabkan oleh virus serta bakteri tersebut? Mengenali gejala sejak awal akan membantu proses pengobatan dan meminimalisir akibat yang bisa ditimbulkannya.

Berikut gejala awal dari penyakit meningitis bila menyerang anak-anak juga dewasa :

  • Demam
    Demam tinggi (39 derajat) yang dialami oleh penderita meningitis hampir mirip dengan gejala demam pada penderita flu. Anak akan mengalami batuk, pilek, kadang disertai diare, juga muntah-muntah. Demam ini tanda bakteri mulai berinkubasi 2-14 hari.
  • Pusing
    Penderita akan mengalami sakit kepala, lesu, lemah, mata sakit jika melihat cahaya, leher dan kuduk kaku, serta merasa kedinginan.
  • Tidak mau makan
    Ini juga salah satu gejala dari meningitis. Anak menjadi tak mau makan dan minum, kulit kuning dan kadang mengalami kejang dan rewel.
  • Ubub-ubun keras
    Ini jika menyerang bayi yang ubun-ubunnya masih lunak. Ubun-ubunnya akan terlihat menonjol dan keras.

Waspadai jika ada teman bermain atau seseorang yang mengalami pilek serta flu dengan sakit kepala hebat. Jangan dekat-dekat, menggunakan alat makan yang sama, atau bahkan satu ruangan dengan si penderita.

Penularan yang sangat mudah menyebabkan meningitis mudah menulari anak dan orang dewasa yang daya tahan tubuhnya sedang lemah. Jadi, beri vitamin dan makanan yang sehat dan bersih pada anak, agar dirinya tak mudah tertular berbagai jenis virus dan penyakit akibat virus seperti meningitis.