Kenali Gejala Kanker Sedini Mungkin

Doktersehat.com – Kanker menjadi salah satu penyakit yang ditakuti manusia di seluruh dunia. Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu faktor berkembangnya sel kanker dalam tubuh.



Untuk meningkatkan angka kesembuhan terapi kanker diperlukan pemahaman tentang gejala-gejala awal munculnya kanker. Dengan demikian, terapi pengobatan akan diberikan secepat mungkin sehingga peluang sembuh pun menjadi lebih besar.

Munculnya kanker biasanya ditandai dengan gejala perubahan suara, benjolan di payudara, sulit menelan, perdarahan lebih dari dua minggu, batuk atau sesak napas, dan borok di mulut yang tak kunjung sembuh.

Selain itu, kanker juga bisa ditandai dengan perubahan frekuensi BAB, pembesaran tahi lalat, penurunan berat badan tanpa sebab, dan gangguan pencernaan.

Jika gejala-gejala tersebut muncul pada tubuh Anda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Jangan tunggu sampai sel kanker menjadi lebih ganas.

Gaya hidup sehat bisa menurunkan risiko kanker. Oleh karena itu, segera terapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, jauhi alkohol, hentikan kebiasaan merokok, dan kontrol berat badan.

Sumber: kompas.com