Kenali gejala honeymoon cystitis

DokterSehat.ComHoneymoon cystitis adalah infeksi saluran kemih yang terjadi pada saat bulan madu yang  banyak dialami oleh para pasangan muda pengantin baru. Hal ini bisa terjadi oleh karena intensnya aktivitas hubungan seksual yang dilakukan pada saat bulan madu dan hal ini paling sering dialami oleh pihak wanita. Kenapa disebut Honeymoon Cystitis? Karena biasanya gejala ini dikeluhkan oleh pasangan baru yang sedang atau sesaat setelah menjalani masa bulan madu mereka. tapi buka berarti pasangan yang sudah lama menikah tidak bisa terkena penyakit ini. Kenali gejalanya

doktersehat-pasangan-couple-pelumas-organ-vital-wanita

Gejalanya adalah saat buang air kecil terasa nyeri, frekwensi buang air kecil menjadi lebih sering, sulit menahan buang air kecil, rasa tertekan pada kandung kencing, air kencing berwarna keruh, air kencing bercampur darah dan nyeri tekan pada daerah pubis (diatas kemaluan).

Honeymoon Cystitis bukanlah suatu penyakit menular seksual. Honeymoon cystitis terjadi karena paparan kuman (flora normal) yang seharusnya tinggal di saluran kelamin atau anus yang kemudian pindah ke saluran kemih. Karena perbedaan habitat maka timbul reaksi infeksi. Sedangkan pada penyakit menular seksual, infeksi terjadi karena masuknya bakteri jahat (pathogen) ke dalam saluran kemih. Pada saat hubungan seksual tersebut terjadi gesekan pada muara saluran kemih wanita yang berlebihan sehingga terjadi peradangan pada muara saluran kemih. Letak saluran kemih sangat berdekatan dengan vagina dan anus. Aktivitas seksual dari kemaluan laki-laki yang meningkat merupakan media yang baik untuk menindahkan kuman dari vagina atau dari anus ke muara saluran kemih.

Menikah apalagi yang baru menikah pasti sangat menyukai aktivitas seksual akan tetapi kita harus waspada dengan efek samping yang ditimbulkan. Honeymoon cystitits tidak hanya terjadi pada pasangan yang baru menikah, dapat juga terjadi pada pasangan yang sudah lama tidak berhubungan suami istri dan baru akan memulai aktifitas berhubungan intim dengan pasangan akan terburu-buru akibat terlalu bersemangat. Oleh sebab itulah kebersihan sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit ini, bukan hanya dari pihak wanita saja, pihak laki-laki pun harus menjaga kebersihannya.