Kenali Gejala Gegar Otak

Doktersehat.com –  Benturan di kepala terkadang tidak dianggap serius selama tidak terlihat ada darah yang keluar dari kepala. Padahal di dalam kepala terdapat organ vital, yakni otak yang mengatur seluruh kinerja organ tubuh lainnya. Bila terjadi cedera maka kinerja otak menjadi terhambat.



Dari beberapa kasus, benturan keras dikepala akibat terjatuh atau hantaman benda keras dapat mengakibatkan terjadinya gegar otak. Jangan anggap sepele gegar otak karena cedera ini dapat menyebabkan kepala memar, kerusakan saraf, dan pecahnya pembuluh darah.

Gegar otak biasanya ditandai dengan munculnya rasa sakit di kepala, telinga berdengung, pusing, pingsan, hingga amnesia. Pada beberapa kasus yang lebih parah, gegar otak juga mengakibatkan muntah, mual, sulit berbicara, lelah berlebihan, konsentrasi terganggu, dan hilang ingatan.

Segeralah hubungi dokter jika penderita sudah menunjukkan gejala pingsan, muntah, atau sulit bicara. Selain itu, jangan pernah mengonsumsi obat-obatan anti inflamasi non steroid seperti aspirin dan ibuprofen karena dapat menyebabkan perdarahan makin parah. Terakhir, jangan tidur selama beberapa jam agar bisa lebih memahami gejala gegar otak yang dialami.

Sumber: merdeka.com