Kenali Gejala Dini Kanker Payudara Pada Pria

Dokter Sehat – Normalnya, sel-sel tubuh secara alami direproduksi hanya ketika dibutuhkan. Namun terkadang sel-sel tersebut terus bertambah banyak tanpa bisa dikontrol sehingga terbentuk jaringan padat yang disebut juga dengan tumor, jika sel-sel yang bertambah banyak adalah sel normal, itu tidak berbahaya. tapi jika yang bertambah banyak adalah sel yang abnormal, itulah yang memicu munculnya kanker.



Kanker payudara misalnya. Sesuai dengan namanya, kanker ini berawal di jaringan payudara dan bisa menyebar ke sekitar payudara bahkan ke organ tubuh lainnya. Penyebaran ini disebut juga dengan metastasis, Tidak hanya terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa mengenai pria. Belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan kanker, tapi beberapa faktor bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker, misalnya :

1.Usia
Pada wanita, risiko seseorang terkena kanker payudara meningkat saat usianya mulai empat puluh tahun dan mulai usia enam puluh tahun pada pria.

2.Genetik
Risiko meningkat jika ada kerabat dekat yang pernah mengalami kanker payudara.

3.Pola makan yang tidak sehat dan mengalami obesitas.

4.Merokok dan sering mengonsumsi alkohol.

5.Malas berolahraga.

Berikut ini gejala-gejala kanker payudara pada pria :

1.Benjolan di payudara
Tanda awal dari penyakit kanker payudara pada pria adalah timbulnya benjolan di sekitar payudara mereka, walaupun jika diraba tidak menimbulkan rasa sakit, namun apabila Anda menemukan benjolan tidak wajar ini maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter

2.Puting berdarah
Tanda penyakit kanker payudara lainnya adalah keluarnya cairan berupa darah atau cairan berwarna putih dari puting susu, perlu Anda ketahui, bahwa apabila keluar cairan seperti ini dari puting susu, maka itu berarti kanker payudara tersebut sudah parah.

Baca Juga:  Tidur Habis Sahur Sebaiknya Cukup 2 Jam Saja

3.Rasa lelah dan lemah
Sama seperti penyakit kanker lainnya, gejala kanker payudara juga termasuk rasa lemah dan lelah pada tubuh. Hal ini disebabkan karena perkembangan sel kanker mampu mengganggu fungsi tubuh sehingga menyebabkan lelah, lemah, dan bahkan dehidrasi.

4.Kehilangan berat badan dan nafsu makan
Oleh karena sel kanker mampu mengganggu fungsi tubuh, maka penyerapan nutrisi di dalam tubuh pun tidak berlangsung maksimal. Anda pun dapat kehilangan nafsu makan. Akibatnya berat badan tubuh Anda pun turun.

5.Gangguan fungsi tubuh
Sel-sel kanker payudara termasuk jenis sel kanker yang paling agresif menyerang tubuh, akibatnya fungsi tubuh Anda pun dapat terganggu dan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan lainnya. Bahkan dapat menyerang kesehatan prostat dan hati pada pria.

Terutama pada pria, kurangnya kewaspadaan akan bahaya kanker payudara seringkali membuat penyakit baru terdeteksi setelah cukup parah. Untuk mencegah kanker payudara, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan memeriksa diri sendiri (self-exams). Rabalah payudara untuk mengetahui kemungkinan adanya benjolan, atau lakukan pemeriksaan dengan mammograms ketika Anda memasuki usia empat puluh tahun, apalagi jika keluarga Anda memiliki riwayat kanker payudara. Pemeriksaan dengan 3D Sonomamogram dinilai lebih akurat dan aman karena tidak menggunakan radiasi.