Kenali Gejala Dan Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah

DokterSehat.Com – Salah satu jenis penyakit saluran pernafasan yang cukup populer di Indonesia adalah paru-paru basah. Penyakit ini banyak diderita oleh masyarakat komuter yang banyak melakukan perjalanan jarak jauh dengan sepeda motor atau mereka yang tinggal di tempat yang cenderung lembab. Masalahnya adalah, jika penderita paru-paru basah tidak ditangani dengan baik, maka kondisi tubuh penderitanya bisa semakin memburuk dan akan semakin sulit untuk disembuhkan. Agar bisa memberikan perawatan sejak dini, ada baiknya kita mengenali ciri-ciri dari penyakit paru-paru basah layaknya sebagai berikut.

doktersehat-cedera-paru-efusi-pleura

Jika tubuh terkena paru-paru basah, kantung udara pada paru-paru atau alveoli akan dipenuhi banyak cairan atau nanah. Adanya kandungan cairan yang cukup tinggi di dalam paru-paru akan membuat kemampuan penyerapan udara akan jauh menurun. Awal dari penyakit paru-paru basah biasanya ditandai dengan batuk kering dan pada akhirnya menjadi batuk berdahak dan disertai dengan demam. Dada, area dimana paru-paru berada pun akan terasa lebih sesak. Tenggorokan juga akan jauh lebih terasa sakit dan mata pun cenderung berair. Gejala-gejala ini memang mirip dengan penyakit flu berat. Namun, cobalah anda perhatikan apakah dada mengalami rasa sesak yang tidak biasa? Jika iya, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter secepatnya.

Jika gejala awal penyakit paru-paru basah ini dibiarkan, penderitanya bisa mengalami berkurangnya nafsu makan dengan drastis. Kondisi ini bahkan bisa memicu penurunan berat badan secara signifikan. Dalam beberapa kasus, penderita paru-paru basah yang semakin kesulitan menyerap oksigen akan mengalami perubahan kulit menjadi lebih keunguan. Kulit, khususnya pada telapak tangan atau telapak kaki juga cenderung akan mudah mengalami keringat dingin.

Baca Juga:  Beberapa Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita

Jika anda atau salah satu anggota keluarga mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah periksakan kondisi kesehatan ini untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat dan cepat dan penyakit paru-paru basah pun bisa disembuhkan dengan lebih mudah.