Kenali Gejala Awal Penyakit Berbahaya, dari Kaki Sampai Kepala!

Doktersehat.com – Penyakit berbahaya biasanya akan menunjukkan gejala yang serius bila kondisinya sudah memburuk. Namun, gejala awalnya penyakit mematikan biasanya mirip dengan penyakit yang sering Anda alami. Oleh karena itu, jangan remehkan rasa nyeri di seluruh bagian tubuh Anda. Berikut beberapa gejala awal penyakit mematikan yang patut Anda waspadai:



1. Sakit Kepala

Sakit kepala yang sering dialami seseorang bisa jadi merupakan gejala perdarahan otak atau tumor otak. Selain itu, menurut juru bicara American College of Physicians, Sandra Fryhofer, sakit kepala yang disertai demam juga bisa jadi menunjukkan gejala penyakit sinus.

2. Rasa Tidak Nyaman pada Dada

Rasa nyeri atau tidak nyaman di dada sering dikaitkan dengan gejala penyakit jantung dan pneumonia (inflamasi paru-paru).  Gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung biasanya ditandai dengan rasa nyeri di dada sebelah kiri atas kemudian menjalar ke bahu kiri dan lengan, bahkan disertai dengan mual.

Pada wanita gejala penyakit jantung tidak begitu kentara. Rasa tidak nyaman atau sakit di perut yang kerap dialami wanita bisa jadi merupakan gejala awal penyakit jantung.

3. Nyeri Punggung Bagian Bawah

Rasa nyeri di punggung bagian bawah tidak hanya menunjukkan adanya penyakit arhtritis. Tapi, juga bisa mengindikasikan gejala awal serangan jantung dan masalah kesehatan perut. Bahayanya, bila seseorang mempunyai latar belakang diabetes, tekanan darah tinggi, dan kebiasaan merokok bisa jadi menyebabkan diseksi aorta yakni pecahnya pembuluh darah aorta.

4. Sakit Perut

Perut merupakan “wadah” organ-organ penting tubuh. Oleh karena itu, Anda patut waspada bila mengalami sakit perut. Sakit perut di bagian kiri bisa menunjukkan adanya masalah pada lambung. Sementara sakit di bagian kanan menandakan ganggauan liver dan kandung empedu.

Baca Juga:  Kenali Gejala dan Penyebab Keringat Berlebih

5. Nyeri di Betis

Jangan remehkan nyeri di bagian betis karena gejala ini bisa menandakan terjadinya darah beku di pembuluh darah betis atau Deep Vein Thrombosis (DVT). Bekuan darah ini dapat menyebabkan kematian bila terbawa sampai ke paru-paru (pulmonary embolism).

6. Rasa Terbakar di Kaki

Gejala awal penyakit diabetes sering ditandai dengan rasa sakit seperti ditusuk jarum dan terbakar di bagian kaki dan tungkai. Kondisi ini akan terjadi bila adanya kerusakan saraf.

7. Rasa Sakit Samar atau Tidak Terdeteksi Secara Medis

Rasa sakit samar-samar kerap dialami seseorang yang mengalami depresi, seperti sakit perut dan sakit kepala samar-samar. Walaupun tidak menunjukkan gejala yang serius, tapi masalah ini juga perlu diwaspadai sebelum mengakibatkan perubahan-perubahan struktural otak.

Sebaiknya segera hubungi dokter jika Anda mengalami beberapa gejala di atas berkepanjangan.

Sumber: DuniaFitnes.com