Kenali Gejala Awal Kesurupan

Doktersehat.com – Kesurupan sering kali dikaitkan dengan masuknya roh halus ke dalam jiwa manusia. Dalam dunia kedokteran, kesurupan termasuk dalam gangguan jiwa ringan atau neurotik. Kondisi ini dipercaya dapat menular ke orang lain.



Biasanya seseorang yang mengalami kesurupan menunjukan beberapa gejala. Menurut seorang psikiatri, Dr Prianto Djatmiko, SpKJ, tanda-tanda yang muncul biasanya berupa keluhan-keluhan ringan, seperti pusing, keringat dingin, jantung berdebar, tubuh terasa lemas, pingsan beberapa saat, dan meronta ketika bangun.

Namun, tiap orang bisa saja menunjukkan gejala yang berbeda. Ada yang tidak merasa pusing dan lemas, tapi merasa tak tenang dan gelisah. Singkat kata, gejala yang muncul merupakan tanda terjadinya perubahan perilaku yang membuat seseorang menjadi nampak aneh.

Saat kesurupan seseorang menjadi gelisah sehingga mengakibatkan hilangnya kesadaran akan identitas dirinya sendiri. Kondisi ini dikarenakan seseorang mengalami perubahan identitas menjadi orang lain saat kesurupan.

Adanya disorientasi lingkungan juga bisa menyebabkan terjadinya kesurupan. Seseorang yang merasa asing dengan lingkungannya akan mulai merasa gelisah dan lama kelamaan menjadi makin panik kemudian histeris. Ketika seseorang berteriak-teriak itulah biasanya seseorang dikatakan kesurupan.

Sumber: detik.com