Kenali Gejala Awal Kanker Tenggorokan

Dokter Sehat – Kanker tenggorokan atau kanker tiroid biasanya berkembang pada permukaan mukosa, laring, dan mulut. Ciri-ciri yang paling gampang dilihat pada kanker tenggorokan adalah adanya benjolan atau bintil di leher, gejala yang muncul dari kanker ini bervariasi tergantung dari jenis kanker tiroid itu sendiri. Meskipun penyakit ini bisa dibilang jarang, namun ada baiknya kita mengenal gejala-gejala awal kemunculan kanker tiroid.



Tanda awal dari kanker tenggorokan :

1. Kesulitan menelan
Kesulitan dalam menelan merupakan salah satu tanda awal dari kanker tenggorokan, kanker tumbuh sebagai tumor di tenggorokan Anda. Dan jika Anda memiliki pertumbuhan lanjut di tenggorokan, itu akan menghambat perjalanan makanan atau bahkan membuat Anda sulit untuk menelan.

2. Permukaan laring terasa kasar
Anda merasa ada permukaan yang kasar di tenggorokan Anda? Perasaan tidak nyaman ini sangat sulit untuk diabaikan, jika Anda sudah mulai mengembangkan kanker tenggorokan, Anda akan terus merasakan tanda ini.

3. Perubahan suara
Jika kanker tumbuh di sekitar pita suara, itu akan menyebabkan perubahan suara. Konsultasikan dengan dokter, setelah Anda melihat adanya tanda perubahan suara.

4. Batuk yang lama sembuhnya
Bila Anda menderita batuk yang terus-menerus dan tidak kunjung hilang dan membuat suara Anda serak, Anda harus mewaspadai tanda ini. Ini adalah salah satu tanda awal dari kanker tenggorokan.

5. Bunyi napas menjadi aneh
Ketika Anda bernapas, udara melewati Anda dan kemudian dilanjutkan ke trakea. Salah satu gejala kanker tenggorokan adalah muncul suara aneh ketika bernapas.