Kenali Gejala Alergi Udara Dingin

Doktersehat.com – Musim hujan seperti sekarang ini bisa memicu timbulnya berbagai penyakit seperti flu bahkan demam berdarah. Selain itu, hawa dingin pada musim penghujan juga bisa memicu alergi pada sebagian orang. Berikut gejalanya:



1. Urticaria

Alergi dingin biasanya ditandai dengan timbulnya bercak-bercak kemerahan atau urticaria disertai rasa gatal pada kulit. Bercak tersebut bisa muncul tiba-tiba dan akan kambuh bila terkena air atau udara dingin. Untuk mengatasinya, gunakan pakaian yang bisa menutupi seluruh bagian tubuh Anda saat berada di daerah yang dingin.

2. Bengkak

Pembengkakan jaringan atau cold-induced angiodema yang terjadi berkaitan dengan urticaria. Kondisi ini juga disertai penurunan tekanan darah yang bisa membahayakan kondisi kesehatan Anda.

3. Sindrom Raynauds

Udara dingin pada kaki dan tangan bisa menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang berat pada beberapa orang. Akibatnya, kulit menjadi putih dan sakit karena kadar oksigen pada daerah yang terkontraksi mengalami penurunan. Apabila kulit dihangatkan akan berwarna seperti pelangi, merah lalu diikuti biru. Jangan sepelekan gejala ini sebab bisa jadi ini pertanda adanya masalah pada sistem imun atau penyakit lupus.

4. Asma

Menghirup udara dingin dapat mengakibatkan munculnya sesak napas atau asma. Pengerutan saluran napas terutama bisa dipicu oleh udara dingin yang kering.

Bagi penderita asma sebaiknya selalu menyediakan inhaler saat berada di daerah dingin. Tutuplah hidung dan mulut dengan masker agar udara yang dihirup lebih hangat.

5. Hidung berair

Meski hidung berair tidak termasuk alergi tapi gejala ini mirip dengan alergi. Gejalanya antara lain bersin, hidung tersumbat, dan terus berair.

Sumber: kompas.com