Kenali Dan Waspadai Gejala Luka Kandung Kemih

DokterSehat.Com – Luka kandung kemih sering terjadi kalau panggul cedera, seperti pada kecelakaan kendaraan bermotor dengan kecepatan tinggi atau jatuh. Luka tembus, biasanya dari tembakan, juga bisa melukai kandung kemih. Selain itu, luka kandung kemih mungkin terjadi secara tak sengaja selama pembedahan yang melibatkan panggul atau perut bagian bawah (seperti hysterectomy, operasi cesar, atau colectomy).



Jika luka kandung kemih tidak diobati tepat pada waktunya, komplikasi, seperti buang kecil yang sering dan mendesak, tak dapat mengontrol buang air kencing (sukar menahan keinginan berkemih), dan infeksi, mungkin berkembang.

Gejala

Gejala luka kandung kemih yang paling biasa adalah adanya darah di air kencing, kesukaran dalam berkemih, dan rasa sakit di panggul dan perut bagian bawah. Jika bagian terbawah kandung kemih (di mana otot yang menolong mengontrol berkemih terletak) sudah cedera, orang mungkin mengalami sering buang air kecil atau sukar menahan keinginan berkemih.

Diagnosa

Diagnosa luka kandung kemih terbaik dilakukan dengan cystography, prosedur di mana pewarna radioaktif (senyawa kontras), yang kelihatan dengan X-ray, disuntikkan ke dalam kandung kemih dan CT scan atau X-ray diperlukan untuk melihat kebocoran. Luka kandung kemih yang terjadi selama prosedur operasi biasanya diketahui tepat pada waktunya dan tes di atas tidak diperlukan.

Pengobatan

Luka kandung kemih ringan, baik memar atau cabikan (luka goresan), mungkin diobati dengan memasukkan pipa ke dalam uretra selama 5 sampai 10 hari hingga kandung kemih sembuh. Untuk luka kandung kemih yang lebih ekstensif atau luka yang mana pun yang menghasilkan kebocoran air kencing ke dalam rongga abdominal, pembedahan sebaiknya dilakukan untuk menentukan banyak sedikitnya luka dan sampai reparasi sama sekali cabikan.

Baca Juga:  Cara Memandikan Bayi Untuk Pemula

Air kencing kemudian bisa lebih efektif dialirkan dari kandung kemih yang memakai dua pipa, satu dimasukkan lewat uretra (transurethral pipa) dan satu dimasukkan secara langsung ke dalam kandung kemih lewat kulit di balik perut bagian bawah (suprapubic pipa). Pipa ini disingkirkan pada 7 sampai 10 hari atau begitu kandung kemih sudah sembuh secara memuaskan. Jika komplikasi berkembang, mereka harus diobati. Kalau luka kandung kemih diketahui selama prosedur operasi, diobati pada waktu itu juga.