Kenali dan Cegah Diabetes Melitus / Kencing Manis Tipe 2

DokterSehat.Com – Pada saat ini, diabetes tipe 2 merupakan penyakit diabetes yang sering ditemukan pada orang dewasa, tetapi pada beberapa kasus juga ditemukan baik pada remaja ataupun anak anak yang mempunyai obesitas.

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Pada diabetes tipe 2, pankreas tetap memproduksi insulin untuk tubuh tetapi jumlah insulin tersebut tidak cukup untuk mencerna glukosa yang masuk ataupun juga tubuh sudah kebal terhadap insulin sehingga insulin tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, hal tersebut diatas menyebabkan kadar gula darah pada penderita diabetes meningkat jika dibandingkan pada orang normal.

Diabetes tipe 2 bisa menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang serius seperti stroke, penyakit jantung, ginjal, syaraf, bahkan juga bisa menyebabkan kebutaan. Karena begitu banyak dan berat komplikasi diabetes melitus, kita harus lebih menyadari gejala dan tanda awal dari diabetes melitus, serta mencegah faktor faktor risiko penyakit tersebut.

Tanda dan gejala yang terpenting pada diabetes :

  1. Selalu merasa kelelahan meskipun sudah berisitrahat dengan cukup
  2. Buang air kecil yang terlalu sering ( lebih sering dari biasanya )
  3. Merasa haus terus menerus meskipun sudah banyak minum
  4. Selalu merasa lapar meskipun sudah makan sesuai porsi biasa
  5. Penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya meskipun selalu makan dengan porsi biasa
  6. Luka yang sulit sembuh
  7. Kesemutan , baal yang sering dirasakan di kaki maupun tangan

Faktor faktor risiko diabetes melitus :

  1. Malas berolahraga
  2. Terlalu sering makan dan minum yang terlalu manis
  3. Orang tua atau saudara ada yang menderita diabetes

Penyakit diabetes merupakan suatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikontrol, sehingga kita harus berusaha untuk menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk terhindar dari penyakit tersebut. Jika memang sudah didiagnosis oleh dokter bahwa anda menderita kencing manis, rajinlah minum obat dan dengarkan petunjuk serta nasihat dokter, kontrollah ke dokter secara rutin untuk mendapatkan kadar gula yang normal.