Kenali, Berbagai Faktor Penting Pemicu Bunuh Diri

DokterSehat.Com– Setelah sempat dihebohkan dengan kematian mantan pacar Awkarin, Oka Mahendra Putra yang disebut-sebut karena bunuh diri, hari ini kita juga dihebohkan oleh kematian Chester Bennington dengan cara yang sama. Mengingat Chester adalah salah satu mega bintang musik rock yang sangat berpengaruh dan memiliki karir yang banyak diidam-idamkan oleh banyak orang, tentu banyak orang yang kemudian bertanya-tanya apa saja hal yang bisa menjadi penyebab bunuh diri seperti yang Chester lakukan.

doktersehat-penyebab-bunuh-diri

Photo Credit: Instagram/ chesterbe

Gangguan bipolar
Salah satu masalah kejiwaan ini ternyata bisa membuat seseorang mengalami perubahan mood yang ekstrim dalam waktu yang cepat. Dalam suatu waktu, Ia bisa terlihat sangat berbahagia, namun, setelahnya, Ia bisa menjadi sedih, tak lagi bersemangat, atau bahkan terkena depresi. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa mereka yang menderita masalah bipolar memiliki resiko 20 kali lebih besar untuk melakukan bunuh diri jika dibandingkan dengan orang biasa. Bahkan, ada penelitian yang memperkirakan jika 1 dari 3 orang dengan masalah kejiwaan ini pernah mencoba bunuh diri setidaknya sekali dalam hidupnya.

Depresi berat
Mereka yang mengalami depresi berat akan merasa putus asa, lelah, tak lagi berminat dengan apapun dalam kehidupan, dan terus mengalami suasana hati yang buruk. Mereka akan melihat bunuh diri sebagai salah satu jalan keluar dari berbagai hal yang membuat mereka kecewa atau menggelayuti pikirannya.

Terkena anoreksia
Tak disangka, gangguan makan ini ternyata juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. Mereka akan berusaha untuk selalu menjauhi makanan dan bahkan terus ingin menurunkan berat badan karena selalu merasa gemuk. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa 1 dari 5 pengidap anoreksia ini diperkirakan pernah mencoba untuk bunuh diri setidaknya sekali dalam hidupnya.

Baca Juga:  Blue Whale Challenge, Tantangan Online yang Membuat Banyak Remaja Bunuh Diri

Mengalami gangguan kepribadian
Mereka yang mengalami gangguan kepribadian bisa menyakiti diri sendiri, memiliki emosi yang sangat tidak stabil, dan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain. Biasanya, mereka pernah mengalami riwayat pelecehan seksual saat kecil. Pakar kesehatan menyebutkan jika separuh dari mereka yang mengalami gangguan kepribadian memiliki resiko besar untuk melakukan bunuh diri setidaknya sekali dalam hidupnya.

Skizofrenia
Penyakit yang membuat orang berhalusinasi dan mempercayai hal-hal yang tidak benar-benar ada ini ternyata bisa menyebabkan seseorang melakukan percobaan bunuh diri. Pakar kesehatan memperkirakan bahwa 1 dari 20 penderita skizofrenia akan melakukannya.

Berbagai masalah lainnya
Kondisi seperti sedang dalam ekonomi sulit atau terlilit hutang, pernah menjadi korban pelecehan seksual, kehilangan pekerjaannya, menjadi korban bullying, terkena sakit yang tak kunjung sembuh, hingga memiliki masalah orientasi seksual ternyata juga bisa menjadi penyebab bunuh diri yang dilakukan oleh banyak orang.