Kenali Beberapa Penyebab Penyakit Gagap Pada Anak

DokterSehat.Com – Kita seringkali melihat orang yang mengalami masalah gagap dalam berbicara sebagai hal yang lucu. Banyak komedian yang berpura-pura untuk menjadi gagap agar bisa mendapatkan tawa yang muncul dari penontonnya. Sayangnya, gagap dalam berbicara ternyata bisa menjadi masalah yang besar dalam berkomunikasi dengan orang lain. Tak hanya orang dewasa, anak kecil pun ternyata juga bisa mengalami penyakit gagap sehingga akan kesulitan mengekspresikan keinginan maupun menyampaikan pesan pada orang lain, termasuk pada orang tuanya sendiri.



Anak yang mengalami masalah gagap dalam berbicara biasanya memiliki tanda dimana saat berbicara, anak cenderung mengulangi kata-kata beberapa kali, mengucapkan kalimat dengan terputus-putus, atau bahkan berbicara dengan nada yang panjang dan ragu-ragu. Sebagai contoh, anak bisa mengeluarkan bunyi layaknya “a-a-a-ku ma-ma-mau ma-kan na-na, eh nanti saja” yang tentu saja akan sulit dimengerti. Banyak pakar kesehatan yang meyakini jika masalah gagap ini berasal dari faktor genetik dimana satu persen dari manusia di dunia ini bisa mengalami gagap dalam berbicara.

Penyebab utama dari masalah gagap adalah karena faktor keturunan dan bahkan jika anak yang dilahirkan adalah kembar identik, resiko mendapatkan penyakit gagap jika ada sejarah keturunan keluarga yang juga mengalami hal yang sama akan cukup tinggi. Selain itu, banyak pakar kesehatan yang berpikir jika penyakit gagap yang menimpa anak-anak juga bisa disebabkan karena adanya sedikit kecacatan pada koneksi di organ otak yang berpengaruh besar saat berbicara atau memproduksi ujaran. Masalah gagap dalam berbicara sendiri bisa dikenali saat anak mulai berusia dua hingga tiga tahun dan bisa berlanjut hingga di usia dewasa. Yang menjadi masalah adalah, jika hal ini dibiarkan semenjak kecil, saat anak beranjak dewasa, mereka bisa mengalami psikologis yang dipenuhi rasa cemas dan rasa malu sehingga bisa menghambat aktifitas sosialnya.

Baca Juga:  Optimalkan Kecerdasan Anak Saat Pubertas

Masalah gagap dalam berbicara sendiri bisa disembuhkan dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan medis, namun tentu juga harus disertai dengan keinginan kuat dari penderitanya sendiri. Namun, beberapa ahli terapi khusus dalam patologi wicara ternyata juga bisa membantu anak-anak untuk menghilangkan masalah gagap ini. Dengan melakukan terapi secara rutin, anak pun akan bisa berbicara dengan normal kembali tanpa ada masalah dalam memproduksi ujaran.