Kenali Beberapa Jenis Kanker Tulang Berikut

DokterSehat.Com – Kanker tulang adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal umur. Kanker tulang seringkali ditemukan pada tulang kaki dan tangan meskipun beberapa tulang lain juga bisa terkena masalah kesehatan ini. Terdapat beberapa jenis kanker tulang yang bisa kita ketahui seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-sakit-tulang

Jenis kanker tulang yang pertama adalah osteosarcoma. Penyakit ini adalah jenis paling umum dari kanker tulang. Osteosarcoma bisa menyerang semua orang, baik itu yang masih anak-anak, remaja, atau bahkan orang dewasa. Namun, kecenderungan penyakit ini ditemukan pada mereka yang masih berusia muda. Osteosarcoma sendiri bisa ditemukan di tulang kering, tulang paha, sehingga tulang diantara bahu dan siku lengan. Gejala dari penyakit osteosarcoma sendiri bisa dikenali dengan adanya rasa nyeri yang semakin menjadi jika dibiarkan begitu saja, adanya pembengkakan atau benjolan pada tulang yang terkena kanker, dan juga penderitanya akan cenderung susah bernafas jika penyakit ini telah mencapai rusuknya.

Jenis kanker tulang berikutnya adalah chondrosarcoma. Chondrosarkoma bisa membuat jaringan ikat fibrosa di area persendian menjadi bermasalah dan tulang-tulang pun akan mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Tulang layaknya tulang rusuk, tulang belikat, tulang kaki, dan tulang lengan pada orang dewasa memiliki resiko besar mendapatkan penyakit ini. Selain rasa nyeri, gejala dari chondrosarcoma adalah pembengakakan pada tulang dan juga anggota tubuh yang semakin sulit untuk digerakkan.

Jenis kanker tulang berikutnya adalah ewing sarcoma yang mudah menyerang usia remaja dan orang dewasa yang masih muda. Penderita ewing sarcoma biasanya mengalami gerakan sendi yang terbatas pada paha, tulang panggul, hingga tulang lengan atas. Jenis kanker tulang berikutnya adalah malignant fibrous histiocytomas atau MFH dimana kanker tulang ini terjadi pada jaringan lunak di sekitar tulang lengan atau tulang kaki. Sementara itu, jenis kanker tulang terkakhir adalah chardoma yang bisa membuat pertumbuhan tulang tengkorak dan tulang belakang berjalan dengan sangat lambat.