Kenali 5 Jenis Kanker Mesothelioma

DokterSehat.Com – Mesothelioma adalah kanker ganas agresif yang mempengaruhi lapisan membran paru-paru dan perut, malignant mesothelioma atau mesothelioma ganas adalah yang paling serius dari semua penyakit yang terkait dengan asbestos. Meskipun jarang terjadi, kanker mesothelioma tidak lagi dianggap langka. Penyebab utama dan faktor risiko untuk mesothelioma adalah paparan asbes.



mesothelioma memiliki beberapa jenis dan dapat menyerang beberapa bagian tubuh, antara lain :

  1. Mesothelioma pleura (selaput paru-paru)
    Jenis ini adalah yang paling umum dari semua mesothelioma. Biasanya disebabkan oleh seringnya menghirup debu serat asbes, yang kemudian terjebak dalam pleura dan menyebabkan jaringan parut dan peradangan.
  1. Mesothelioma peritoneal (selaput rongga perut)
    Jenis paling umum kedua ini berkembang di peritoneum, yaitu jaringan yang melapisi perut. Sama halnya dengan mesothelioma pleura, penyebabnya adalah debu dan serat asbes yang entah tertelan atau menemukan jalan ke saluran pencernaan sehingga mengendap dan berkembang di selaput rongga perut.
  1. Mesothelioma perikardial (kantung yang menyelimuti jantung)
    Mesothelioma ini menduduki peringkat ketiga paling sering yang menyerang jaringan yang melapisi jantung. Penyebabnya juga asbes, dan kanker ini berkembang dari sel abnormal yang sudah berkembang pada pleura. Entah bagaimana prosesnya, namun debu asbes ini bisa menerobos ke pericardium dan berkembang di selaput jantung.
  1. Mesothelioma dari testis tunika vaginalis (lapisan internal organ seks laki-laki)  dan Mesothelioma uteri tunika serosa (selaput internal organ intim wanita)
    Kedua jenis mesothelioma ini adalah yang paling jarang terjadi. Meski belum pasti bagaimana persisnya debu asbes bisa mengendap dan menyerang bagian organ intim wanita dna pria ini, namun beberapa kasus memang menunjukkan bahwa debu asbes menjadi penyebab utamanya.