Kenali 4 Tanda Kebiasaan Masturbasi Anda Sudah Berlebihan

DokterSehat.Com – Setiap hal kalau dilakukan secara berlebihan pasti juga akan memberikan dampak yang negatif bukan? Hal ini juga terjadi pada pria yang ketagihan melakukan masturbasi. Sebenarnya, masturbasi sendiri merupakan satu tanda yang menunjukkan bahwa kita memiliki kehidupan seks yang sehat. Namun jangan sampai kebablasan ya? Banyak orang, khususnya pria, yang malah menjadi ketagihan melakukan masturbasi. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan kita secara umum dan juga kesehatan seksual secara khusus. Untuk itu Anda harus dapat mengontrol kebiasaan masturbasi jika tidak ingin kehidupan sehari-hari Anda terpengaruh.



Terapis seks, Dan Drake, menyebutkan memang tidak ada batas angka pasti berapa kali masturbasi sebaiknya dilakukan. Sesering apapun Anda masturbasi tidak masalah sampai kebiasaan ini mulai memengaruhi kehidupan Anda secara negative.

Kapan masturbasi mulai menjadi kebiasaan yang berbahaya? Berikut 4 tanda fisik dan psikisnya :

  1. Anda mulai mencederai diri sendiri
    Ya, beberapa orang memiliki kebiasaan masturbasi yang bahkan bisa mencederai dirinya sendiri. Urolog Southern Illinois University, Tobias Kohler, MD, cedera yang muncul bisa berupa lecet akibat tekanan yang terlalu keras.

    Jika ini sampai terjadi, maka kemungkinan Anda sudah masuk ke tahapan kompulsif dan kondisi ini harus segera diatasi.

  1. Memengaruhi hubungan pribadi atau pekerjaan
    Jika Anda mulai merasa terbiasa harus melakukan kebiasaan ini, bahkan sampai membatalkan janji temu bersama pasangan dan teman-teman, bisa jadi masturbasi yang Anda lakukan sudah melewati batas sehat dan ini saatnya untuk berkonsultasi ke dokter.
  1. Membuat Anda sulit bercinta dengan pasangan
    Setiap pria melakukan masturbasi dengan berbagai macam rangsangan. Jika dilakukan terlalu sering, efeknya dapat memengaruhi kebutuhan rangsangan Anda dari yang sewajarnya.

    Terlalu banyak masturbasi juga kerap disebut-sebut dapat membuat seorang pria kesulitan ereksi saat melakukan hubungan intim bersama pasangannya.

  1. Anda tidak bisa berhenti memikirkan masturbasi
    Jika Anda sering merasa terganggu oleh pikiran tentang kapan atau bagaimana Anda akan melakukan masturbasi, itu adalah indikasi kuat Anda sedang berhadapan dengan masalah kebiasaan yang serius.

    Melakukan masturbasi sekadar untuk melegakan tubuh secara fisiologis, sekali sudah cukup. Namun jika Anda melakukannya berturut-turut sampai 4-10 kali maka kemungkinan besar menunjukkan bahwa Anda menggunakan masturbasi untuk mengobati emosi atau sebagai pelarian.

    Salah satu kriteria utama perilaku adiktif adalah hilangnya kontrol. Jika Anda telah berulang kali gagal berhenti, berarti sudah waktunya Anda berbicara dengan seorang profesional yang dapat membantu.