Kenali 2 Tipe Kanker Pita Suara Ini Yuk

DokterSehat.Com – Anda pasti pernah mendengar kabar akhir-akhir ini yang menceritakan tentang adanya kanker pita suara, kanker ini sebenarnya lebih mengarah pada kanker laring dalam bidang kedokteran, namun memang mengganggu bagian pita suara.

7

Penyebab yang selama ini menjadi paling utama adalah rokok. Perokok aktif, terutama, yang menjadi sasaran berkembangnya sel kanker ini. Oleh karena itu, jika Anda menyayangi diri sendiri, maka juga harus diikuti dengan cara menyayangi bagian tubuh Anda yang lain, salah satunya adalah laring di mana terletak pita suara.

Kanker pita suara yang lebih sering disebabkan oleh rokok ini, memiliki beberapa jenis atau tipe yang bisa dibedakan, antara lain adalah :

  • Kanker yang tumbuh di kulit seperti jaringan (kanker sel skuamosa)
    Adenocarcinoma bisa dibedakan karena menyerang sel yang berbeda, dan ini dimulai di sekitar permukaan laring. Sel adenomatosa adalah sel kelenjar yang memproduksi lendir. Akhir-akhir ini kanker laring dengan jenis ini mulai lebih banyak muncul daripada kanker dengan sel lainnya.
  • Kanker jaringan ikat (kanker sel sarkoma)
    Kanker laring atau kanker pita suara yang menyerang sel sarkoma ini dimulai dalam jaringan ikat tubuh seperti misalnya jaringan pendukung tubuh, seperti tulang rawan, otot, dan syaraf. Dan biasanya, kanker laring dimulai dengan menyerang bagian tulang rawan, yaitu jaringan pendukung laring, namun kanker jenis ini lebih jarang dari lainnya.

Itu dia dua jenis kanker laring yang utama yang perlu Anda ketahui, ada beberapa lainnya lagi, namun lebih jarang. Dan jika ingin mencegahnya, tentu saja Anda juga harus menghentikan kebiasaan merokok.